Sudah Dapat Kerja, Ini Cara Menolak Interview Kerja Lewat WA

Anda mengirimkan lamaran pekerjaan secara acak dan berharap mendapat panggilan balik sesegera mungkin. Namun, bagaimana jika Anda sudah diterima bekerja di perusahaan tertentu, lalu perusahaan lain menawarkan tes wawancara? Jika panggilan wawancara dikirim melalui WA, maka Anda harus segera mengambil keputusan. Tenang saja, Anda bisa mencoba cara menolak wawancara kerja melalui WA pada perusahaan terkait.

5 Cara Menolak Wawancara Kerja lewat WA yang sopan

Tidak semua pelamar bisa lolos seleksi administrasi hingga akhirnya mendapat kesempatan mengikuti tes wawancara. Jika Anda ingin menolak tawaran wawancara, maka perhatikan cara menolak wawancara melalui WA yang baik dan sopan berikut ini:

1. Pastikan Anda telah mengambil keputusan yang tepat

Jangan mengulur waktu karena pewawancara bersikeras membaca CV Anda dibandingkan CV orang lain. Mungkin ada banyak CV lain yang tersedia, tetapi mereka menganggap Anda adalah kandidat terbaik. Pastikan Anda segera membalas WA perusahaan lebih cepat untuk memastikan keputusan yang diambil tidak merugikan perusahaan.

2. Ucapkan maaf dan terima kasih

Jangan lupa menyematkan kata-kata permintaan maaf dan terima kasih kepada perusahaan yang mengapresiasi Anda sebagai calon potensial untuk mengisi lowongan tersebut.

3. Berikan alasan yang bagus

Jika Anda menolak suatu pekerjaan karena sudah diterima di tempat lain, sampaikan alasan Anda dengan sopan dan wajar agar tidak meremehkan atau meremehkan perusahaan. Jika terdapat ketidaksesuaian pekerjaan pada lowongan terkait, maka Anda juga dapat memberikan alasan yang masuk akal.

4. Bangun hubungan yang lebih baik

Sekalipun Anda menolak permintaan wawancara karena pernah bekerja di tempat lain atau karena alasan penolakan lainnya, tetap usahakan menggunakan bahasa yang baik dan sopan untuk menjalin hubungan baik. Bisa jadi Anda dan perusahaan bisa menjadi hubungan kerja di kemudian hari, bukan? Memanfaatkan komunikasi yang baik untuk mendapatkan jaringan bisnis yang lebih luas, kenapa tidak?

BACA JUGA   Cara Memindahkan TV ke AV Tanpa Remote

5. Contoh bahasa menolak tawaran dengan sopan

Sayang. SDM PT X
Di tempat

Saya berterima kasih atas tawaran yang telah Anda berikan. Tentu saya sangat mengapresiasi apa yang ditawarkan PT X untuk mengikuti tes wawancara pada tanggal tersebut. Namun saya memikirkannya baik-baik, mohon maaf saya tidak bisa menerima tawaran wawancara di tempat anda karena saya sudah mendapat tawaran dari perusahaan lain.

Tentu saja saya tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan PT X di lain kesempatan. Semoga kedepannya PT X bisa mendapatkan kandidat yang tepat dan bisa berkembang lebih sukses lagi. Atas waktu dan pertimbangan Bapak/Ibu HRD PT X sebelumnya, saya ucapkan terima kasih.

Salam sejahtera
Nama pribadi

Contoh cara menolak wawancara kerja lewat WA di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menolak tawaran di perusahaan terkait. Pastikan kamu sudah mempertimbangkannya dengan matang agar tidak menyesal menolak kesempatan wawancara tersebut, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *