Suka Tentang Ekonomi? Berikut 10 Pilihan Pekerjaan Di Bidang Ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan bidang yang banyak diminati saat ini. Prospek karir di bidang ekonomi juga cukup luas. Ada banyak pilihan profesi yang bisa ditekuni jika belajar di bidang ilmu tersebut. Berikut 10 jenis pekerjaan di bidang ekonomi yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Ekonom

Sebagai lulusan ilmu ekonomi, tentunya Anda bisa bekerja sebagai ekonom. Ekonom sendiri merupakan sebutan bagi orang-orang yang menguasai ilmu ekonomi dan menerapkannya dalam bidang profesional.

2. Akuntan

Profesi akuntan juga mempunyai hubungan yang erat dengan dunia perekonomian. Jika Anda memang memiliki passion di bidang akuntansi maka profesi ini akan menjadi pilihan yang tepat. Akuntan memiliki jenjang karir yang menjanjikan dan prospek gajinya juga memuaskan.

3. Auditor

Anda juga dapat bekerja sebagai auditor setelah belajar lebih banyak di bidang ekonomi. Profesi ini juga sangat penting dan mempunyai peranan besar di Indonesia. Auditor juga berpeluang memperoleh penghasilan yang besar.

4. Analis Manajemen Bisnis

Lulusan ekonomi juga dapat bekerja sebagai analis manajemen bisnis. Tugas profesi ini adalah menganalisis prosedur dan merancang sistem operasional suatu perusahaan.

5. Akademisi Ekonomi

Salah satu jenis pekerjaan di bidang ekonomi yang juga bisa Anda pilih adalah akademisi ekonomi. Ini adalah jenis profesi yang bergerak di bidang pendidikan dan fokus pada tema ekonomi. Anda bisa menjadi dosen, guru, atau tenaga pengajar lainnya.

6. Konsultan Ekonomi

Berikutnya adalah profesi konsultan ekonomi yang juga memiliki prospek besar di Indonesia. Tugasnya menganalisis kondisi perekonomian dan kemudian memberikan konsultasi kepada klien yang membutuhkan.

7. Aktuaris

Jika Anda memang ingin bekerja di bidang ekonomi, Anda bisa memilih profesi aktuaris. Ini adalah jenis profesi yang tugasnya melakukan analisis dalam menentukan struktur suatu polis asuransi. Biasanya profesi jenis ini digeluti oleh lulusan jurusan ekonomi.

BACA JUGA   Doa-doa Harian untuk Mendekatkan Diri kepada Allah

8. Analis Kredit

Lulusan ekonomi juga bisa bekerja sebagai analis kredit. Merupakan jenis pekerjaan yang tugasnya melakukan analisa kredit sehingga dapat memberikan laporan dan saran terkait dengan masalah perkreditan.

9. Analis Riset Pasar

Pekerjaan lain yang masih erat kaitannya dengan bidang ekonomi adalah analis riset pasar. Profesi ini akan bertugas mengumpulkan dan menganalisis data riset pasar.

10. Analis Keuangan

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa profesi ini akan mempunyai keterkaitan yang sangat erat dengan dunia perekonomian. Analis keuangan biasanya dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk melakukan analisis dan memberikan nasihat terbaik mengenai masalah keuangan.

Itulah tadi 10 jenis pekerjaan di bidang ekonomi yang bisa Anda jadikan referensi. Apapun pilihan profesi Anda, pastikan Anda memiliki passion yang tepat. Persiapkan sedini mungkin agar Anda bisa menggapai profesi impian dengan mudah dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *