Video Shooting: Ini 11 Tekniknya yang Wajib Dipelajari

Getters, apakah Anda tertarik dengan videografi? Ingin membuat merekam video untuk berbagai keperluan?

Ya, video memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan foto. Ini karena video lebih dinamis dan terasa lebih nyata.

Jika kamu tertarik dan ingin mendalami dunia videografi, simak artikel di bawah ini hingga selesai, yuk!

Video Penembakan Adalah…

Perekaman Video Adalah...

Perekaman video adalah serangkaian kegiatan pengambilan gambar bergerak disertai suara dengan menggunakan kamera digital atau analog.

Untuk menghasilkan video yang menunjang penyampaian komunikasi, biasanya akan dilakukan editing dengan efek atau filter sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Apa tujuannya? Pengambilan Video?

Tujuan yang Diperlukan

Perekaman video dibuat tidak hanya untuk mengasah kemampuan videografi saja, namun ada tujuan lain seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

  • Abadikan momen spesial.
  • Menyampaikan ide cerita kepada masyarakat.
  • Mencari keuntungan dengan membuat video komersil.
  • Media pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami pelajaran.
  • Bahan portofolio bagi perusahaan agar terlihat lebih profesional.

11 Teknik Video Penembakan itu harus dipelajari

10 Teknik pengambilan video yang wajib dipelajari

Untuk menghasilkan video yang menarik diperlukan teknik yang handal dalam memaksimalkan kamera yang digunakan. Buat kamu yang sedang belajar videografi, berikut beberapa teknik yang wajib kamu pelajari!

Teknik ini menggunakan komposisi yang lebar dan jauh sehingga objek dalam video tidak terlihat jelas. Teknik video ini biasa digunakan pada film-film bertema kerajaan untuk menampilkan seluruh pasukan dalam film tersebut.

Di dalam tembakan lebar aktor tersebut masih terlihat cukup jelas untuk mempertegas kondisi atau aktivitas yang dilakukan oleh aktor tersebut.

Teknik ini berguna untuk menampilkan berbagai ukuran suatu benda secara keseluruhan sehingga penonton dapat lebih mudah mendeskripsikannya dengan baik.

BACA JUGA   Ini 9 Pantai Paling Hits di Cianjur Selatan, Nomor 6 Surga Tersembunyi

Medium shoot adalah teknik memotret dengan memperlihatkan separuh objek. Tujuan dari teknik ini adalah untuk membuat penonton lebih fokus pada objeknya.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan fokus yang lebih dalam pada objek sehingga pemirsa dapat lebih dekat dan personal dengan objek tersebut.

merapatkan digunakan untuk menampilkan bagian tertentu pada suatu objek, misalnya mata yang menonjol untuk menunjukkan emosi yang dirasakan.

Digunakan untuk menampilkan detail secara spesifik pada suatu objek. Misalnya saja memperlihatkan luka di pipi secara detail.

Teknik ini digunakan untuk memperkuat interaksi antar objek agar lebih meyakinkan.

Teknik sudut pandang biasanya digunakan untuk menjadikan objek sebagai sudut pandang utama kamera.

Teknik ini digunakan untuk menampilkan suatu gambar di tengah suasana sekitar objek. Misalnya ada dua orang aktor yang sedang melakukan adegan perkelahian, lalu diperlihatkan memotong untuk menunjukkan orang-orang yang ketakutan di tempat kejadian.

Tembakan grup digunakan untuk merangkum semua objek dalam video. Tujuannya adalah untuk memperlihatkan dengan jelas semua objek dalam pemandangan.

5 Tip Menghasilkan Perekaman VideoCocok Untuk Pemula!

5 Tips Menghasilkan Video Shooting, Cocok untuk Pemula!

Jika Anda tidak terlalu pandai dalam membuatnya merekam videoberikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan hasil merekam videoAnda menjadi lebih baik dan lebih profesional.

Selalu perhatikan dari mana datangnya cahaya dalam video Anda. Jika punggung Anda menghadap cahaya, video akan menjadi gelap. Jika terlalu banyak cahaya, video akan berwarna putih.

Menggunakan tripod saat mengambil video agar hasil video anda tidak goyang atau bergetar akibat hanya di pegang dengan tangan saja.

Agar video tidak membosankan, gunakan imajinasi Anda untuk menyajikan berbagai sudut pandang yang berbeda.

Sering-seringlah menonton film untuk mendapatkan inspirasi teknik pengambilan sudut video yang bagus.

BACA JUGA   5 Tempat Nongkrong di Cipanas yang Instagramable

Menggunakan mikrofon agar kualitas suara pada video lebih bagus dan terdengar jelas, sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat tepat sasaran.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai seluk beluknya video penembakan untuk mengabadikan setiap momen penting agar tersimpan dengan baik. Tentunya hal ini juga berguna bagi Anda yang ingin memanfaatkan video shooting untuk keperluan promosi produk.

Jika Anda memang menyukai dunia videografi dan sekaligus ingin menekuninya mengedit video yang sudah profesional dan menghasilkan pendapatan lebih, yuk ikuti kelas pelatihan “Advanced Video Editing” bersama GeTI Incubator!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *