Wow, Pemprov Sulteng Bakal Bangun Stadion Megah dan Sport Center di Hutan Kota

LIKEIN, PALU – Pemerintah Sulawesi Tengah akan membangun sport center megah di kawasan hutan Kota, Desa Talise, Palu.

Rencana pembangunan kembali pusat kegiatan masyarakat di hutan kota tersebut meliputi 10 fasilitas olahraga, salah satunya Stadion Sepak Bola Mutiara Khatulistiwa berkapasitas 40.000 penonton.

Secara spesifik Pemda Sulteng menjelaskan, pembangunan stadion tersebut sudah tepat Desain Stadion yang telah dibuat akan memiliki dua level. Pembangunan stadion juga mengusung arsitektur hijau sebagai hutan kota berbasis ekowisata, dimana tanaman merambat Lee Kwan Yuu akan ditanam di sekitar stadion.

Selain stadion sepak bola seluas 73.000 m2, Pemda Sulteng akan membangun fasilitas olahraga lainnya seperti Gedung Istana Olahraga (ISTORA), Gedung Senam, Sport Science Center, Tennis Hall, Gedung Aquatiq, Tower Wisma Atlet 3, Lapangan Latihan Sepak Bola , Lapangan Bola Lunak dan Lapangan Tembak dan Panahan.

Selain Sport Center, rencananya juga akan tersedia pembangunan hotel dan mall di kawasan tersebut yang akan dibangun melalui Perusahaan Daerah (Perusda) Sulawesi Tengah.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulteng Irfan Ariyanto telah memaparkan Rencana Pembangunan Sport Center bersama Gubernur Rusdy Mastura, Tim Ahli Gubernur dan Direktur PT. Persipal Palu Rony Tanusaputra di Kantor Gubernur, Rabu 4 Januari 2023.

Gubernur meminta agar rencana pembangunan Sport Center disetujui dan meminta rencana pembangunan serta kebutuhan anggarannya dibuat secara detail.

Gubernur berharap progres pembangunan sport center ini dapat dilihat setiap tahunnya sebagai wujud kesiapan Sulteng menjadi tuan rumah PON 2028 mendatang.

Perencanaan pembangunan Stadion Olahraga diharapkan terdokumentasi dengan baik untuk disampaikan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga sebagai penunjang pembangunan. (Sadam/Kn)

BACA JUGA   Al-Quran Terkecil dan Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Indonesia, Lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *