10 Negara dengan Gaji Dokter Tertinggi

Dokter dikenal sebagai profesi dengan risiko tinggi dan gaji tinggi. Apalagi di beberapa negara di dunia, gaji dokter bisa dibilang sangat tinggi. Terlebih lagi jika Anda seorang dokter dari 10 negara dengan gaji dokter tertinggi ini!

Jika Anda mengira Amerika adalah negara nomor satu dengan gaji dokter tertinggi, Anda salah! Sebab ada dua negara lain yang gajinya lebih “surga”. Apa pun?

Luksemburg

Siapa sangka negara terkecil di Eropa Barat ini mempunyai apresiasi yang tinggi terhadap para dokter.

Negara yang berbatasan dengan Belgia, Prancis, dan Jerman ini memiliki jumlah penduduk yang relatif sedikit, hanya berkisar 600.000 jiwa. Namun, menurut Organisasi Amerika untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), dokter di Luksemburg menerima gaji setidaknya $357,300 per tahun.

Seorang dokter umum (GP) di negara tersebut menerima $278,900 per tahun, sedangkan dokter spesialis menerima $352,300 per tahun.

Namun karena negaranya kecil dan jumlah penduduknya sedikit, persaingan untuk menjadi dokter di negara tersebut sangat ketat.

Belanda

Bahkan dokter-dokter awal di negara kita adalah lulusan Belanda, sehingga tidak mengherankan jika dokter sangat dihargai di negara tersebut.

Apalagi pelayanan kesehatan di Belanda dikenal sebagai salah satu pelayanan kesehatan terbaik di dunia. Tidak mengherankan, dokter spesialis di negara ini memperoleh penghasilan sekitar $253,000 per tahun, dan dokter umum menerima $117,000 per tahun.

Selain itu, negara ini terkenal memiliki fasilitas dokter yang baik, termasuk jam kerja yang singkat dan liburan yang cukup.

Amerika

Di Amerika, rata-rata dokter berpenghasilan sekitar $299,000 per tahun. Dokter layanan primer menerima setidaknya $223,000 per tahun, sementara dokter spesialis menerima setidaknya $329,000 per tahun.

Dokter di Amerika juga mempunyai kebebasan untuk mengembangkan ilmunya, hanya saja beban kerja di Amerika terbilang lebih berat dibandingkan di Belanda.

Apalagi untuk bisa bekerja di Amerika, dibutuhkan proses yang cukup panjang, termasuk mengikuti ujian USMLE yang memiliki 3 tahapan yang cukup berat.

Australia

Di negara kanguru, dokter spesialis dapat memperoleh penghasilan sekitar $247,000 per tahun, sementara dokter umum menerima $91,000 per tahun.

Selain gaji yang tinggi, dokter di negeri ini juga bisa memperoleh fasilitas lain seperti: mendukung untuk pengembangan pendidikan kedokteran.

Sama halnya dengan negara Persemakmuran Inggris lainnya, dokter yang ingin bekerja di negara ini harus memiliki kualifikasi yang setara dengan dokter di Inggris dan negara Persemakmuran lainnya, misalnya Singapura.

Selandia Baru

Tidak ada laporan akurat yang menunjukkan gaji spesialis atau dokter, tetapi spesialis setidaknya dapat memperoleh $138,000 per tahun.

Swiss

Di negara ini, perbedaan pendapatan antara dokter spesialis dan dokter umum tidak terlalu besar, sekitar $130.000 per tahun untuk dokter spesialis dan $116.000 per tahun untuk dokter umum.

Negara ini juga mengutamakan pelayanan kesehatan, sehingga kesejahteraan para dokter sangat diperhatikan.

Namun, jika ingin bekerja di negara ini, Anda harus menguasai minimal 3 bahasa: Italia, Jerman, dan Prancis. Sebab pasien bisa datang dari mana saja di ketiga negara tersebut.

Belgium

Meskipun dokter spesialis memperoleh penghasilan $188.000 per tahun, dokter umum hanya memperoleh penghasilan $61.000 per tahun!

Selain itu, tarif pajak yang begitu tinggi dan jam kerja yang tinggi di Belgia membuat para dokter di Belgia harus bekerja keras untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

Bahasa inggris

Inggris merupakan salah satu negara favorit dokter migran di Eropa. Sebab, negara ini memberikan gaji yang cukup menjanjikan dengan beragam manfaat hal-hal lain seperti lingkungan kerja yang sehat, asuransi kesehatan dan jiwa, dana pensiun, hingga jam kerja yang fleksibel.

Seorang dokter umum di Inggris memperoleh gaji rata-rata $85,250 per tahun, sementara seorang spesialis memperoleh gaji $174,068 per tahun.

Menariknya, dokter di Inggris juga bisa mencari penghasilan tambahan lokasi (menggantikan dokter lain) dan praktek swasta.

Seperti halnya di Amerika, tidak sedikit pula WNI yang kemudian bekerja di negara tersebut.

Kanada

Di Kanada, dokter spesialis menerima sekitar $161,000 per tahun dan dokter umum menerima sekitar $107,000 per tahun.

Meski gajinya tergolong besar, banyak dokter di Kanada yang lebih memilih bermigrasi ke Amerika, karena negara tersebut menawarkan gaji yang jauh lebih tinggi.

Sehingga negara ini kerap mengalami kekurangan dokter, dan membuka peluang luas bagi dokter asing untuk bekerja di sana.

Faktanya, para dokter di Kanada sangat didukung oleh pemerintah setempat dalam berbagai hal manfaat seperti asuransi kesehatan dan asuransi malpraktek, serta cuti sakit, hari libur dan cuti yang cukup.

Irlandia

Rata-rata spesialis di Irlandia memperoleh penghasilan $143.000 per tahun, sementara dokter umum memperoleh penghasilan $90.000 per tahun.

Menariknya, di negeri ini, dokter spesialis bisa menaikkan biaya pemeriksaannya jika konsultasi pasien lebih dari 15 menit. Terakhir, banyak dokter spesialis di sana yang gajinya di atas rata-rata.

Kesimpulan

Dokter Indonesia tidak hanya bisa bekerja di dalam negeri. Sudah banyak contoh dokter Indonesia yang kemudian bekerja di luar negeri.

Bagi mereka yang menginginkan tantangan lebih, bekerja sebagai dokter di luar negeri tidak hanya menghadirkan tantangan, namun juga memberikan imbalan yang baik, bahkan ada yang memberikan gaji medis tertinggi di dunia.

Jadi, mengapa tidak?

Sumber:
https://wakawakadoctor.com/15-countries-in-urgent-need-of-medical-practitioners/
https://medvocation.com/en/blog/10-highest-paying-countries-for-docors/4

BACA JUGA   Dokter PNS: Sekilas tentang PNS untuk dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *