10 Persyaratan Menjadi Psikolog Yang Perlu Kamu Persiapkan

Profesi psikolog saat ini semakin dibutuhkan di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kondisi kesehatan mental, keberadaan psikolog juga semakin dibutuhkan. Jika Anda ingin menekuni profesi ini, berikut syarat menjadi psikolog yang harus Anda persiapkan:

1. Memiliki Minat

Syarat terpenting yang harus Anda penuhi adalah memiliki minat. Anda harus benar-benar mempunyai minat terhadap profesi ini. Cari tahu lebih lanjut tentang jenis profesi ini dan seperti apa prospek kariernya. Menumbuhkan minat yang kuat terhadap profesi psikologi agar lebih mudah mencapainya.

2. Memiliki Simpati yang Tinggi

Psikolog harus mampu membantu kliennya keluar dari permasalahan psikologis yang dialaminya. Agar hal tersebut dapat tercapai maka sangat penting untuk memiliki rasa simpati yang tinggi. Coba lihat kembali diri Anda, apakah simpati Anda cukup tinggi atau tidak.

3. Lulus Kualifikasi Akademik

Jika Anda ingin menekuni profesi ini, Anda harus belajar di jurusan yang sesuai. Untuk bisa kuliah di jurusan psikologi tentunya harus memenuhi kualifikasi akademik sesuai peraturan kampus yang dipilih.

4. Lulus S1 Psikologi

Selanjutnya, Anda harus lulus perguruan tinggi untuk tingkat sarjana di departemen psikologi. Ini merupakan persyaratan akademis yang mutlak harus dipenuhi jika Anda ingin bekerja sebagai psikolog. Pastikan kamu lulus tepat waktu agar bisa bekerja lebih cepat.

5. Lulus Magister Psikologi Profesional

Untuk benar-benar menjadi seorang psikolog, Anda juga harus lulus program psikologi profesional. Ini merupakan program praktik yang perlu diambil setelah menyelesaikan program sarjana. Tentunya diperlukan usaha ekstra jika ingin lulus dari program Magister Psikologi Profesional ini.

6. Terdaftar sebagai anggota HIMPSI

Syarat menjadi psikolog selanjutnya adalah terdaftar menjadi anggota HIMPSI. Setelah menyelesaikan program pendidikan, Anda harus segera mendaftar di HIMPSI atau perkumpulan psikologi. Ini merupakan syarat penting untuk bisa bekerja sebagai psikolog nantinya.

BACA JUGA   7 Tips Cara Chat Sex yang Aman dan Menyenangkan dengan Pasangan yang Lagi LDR

7. Memiliki SIPP

Calon psikolog juga harus memiliki SIPP atau izin praktik psikolog jika ingin mulai bekerja. Lisensi ini mempunyai fungsi yang sangat penting karena akan membuka jalan bagi Anda untuk membuka praktek mandiri. Pastikan Anda mengikuti semua tahapan pendaftaran untuk mendapatkan sertifikat.

8. Memiliki Keterampilan Komunikasi

Syarat selanjutnya yang juga tak kalah penting untuk dipenuhi adalah memiliki kemampuan komunikasi. Anda harus pandai berkomunikasi dengan orang lain. Ini akan menjadi senjata utama dalam menghadapi klien nantinya.

9. Sabar dan Selalu Terbuka

Seorang psikolog juga harus memiliki kesabaran yang tinggi dan pikiran yang terbuka. Hal ini merupakan syarat mutlak bagi seorang psikolog karena nantinya akan digunakan untuk menghadapi berbagai macam klien.

10. Melamar pekerjaan atau membuka praktek

Jika Anda ingin bekerja sebagai psikolog, Anda harus segera melamar pekerjaan. Jika tidak ingin bekerja di tempat lain, Anda bisa membuka praktik sendiri. Sesuaikan saja dengan kondisi dan keinginan pribadi.

Itulah syarat menjadi psikolog yang harus Anda penuhi. Profesi ini dianggap sangat penting dan bisa mendatangkan penghasilan besar. Belajarlah sejak dini agar lebih mudah mendapatkan profesi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *