10 Fungsi Dan Tugas Wartawan Yang Perlu Diketahui

Ada banyak jenis profesi di Indonesia dan salah satunya adalah jurnalis. Profesi ini mempunyai peran besar dalam menyebarkan informasi atau berita di tanah air. Kali ini kita akan membahas tentang fungsi dan tugas jurnalis yang penting untuk dipahami jika ingin menekuni profesi tersebut.

1. Pengautentikasi

Fungsi jurnalis yang pertama adalah sebagai autentikator. Artinya, jurnalis akan berfungsi sebagai pemeriksa informasi otentik atau tidak. Jika tidak asli, maka informasi tersebut tidak layak untuk disebarluaskan.

2. Penyidik

Jurnalis juga berfungsi sebagai penyidik. Artinya, seorang jurnalis harus terus memantau kondisi terkini di berbagai bidang. Jika dari hasil pengawasan kemudian ditemukan adanya tindak pidana, maka jurnalis juga harus membongkarnya.

3. Pembuat Akal

Fungsi lain seorang jurnalis adalah sebagai pemberi akal. Artinya, jurnalis harus mampu menjelaskan suatu informasi agar masuk akal dan diterima masyarakat luas.

4. Agregator Cerdas

Jurnalis adalah agregator yang cerdas. Artinya, seorang jurnalis harus bisa pintar-pintar membagikan sumber berita yang bisa diandalkan masyarakat setempat. Jurnalis juga harus bisa berbagi berbagai pemberitaan yang mencerahkan.

5. Pemberdaya

Jurnalis juga memegang fungsi pemberdayaan. Seorang jurnalis harus mampu memberdayakan warga dan jurnalis sehingga dapat dihasilkan dialog yang berkesinambungan antara keduanya.

6. Organisasi Berita

Fungsi dan tugas jurnalis memang sangat beragam. Lima poin di atas merupakan fungsi jurnalis dan sekarang kita akan membahas tugasnya. Tugas pertama adalah melakukan organisasi berita. Seorang jurnalis harus mengorganisasikan berita baik berita lama maupun berita baru.

7. Menjadi Teladan

Berikutnya, seorang jurnalis juga bertugas menjadi teladan bagi masyarakat. Tak hanya fokus dalam menciptakan dan memproduksi berita, jurnalis juga harus mampu memberikan contoh yang baik bagi masyarakat.

8. Mencari Berita

Jika Anda bekerja sebagai jurnalis, maka Anda harus mengemban tugas penting sebagai pencari berita. Anda harus menemukan berita hangat terkini di kalangan masyarakat. Berita ini harus selalu up to date agar dapat memberikan manfaat.

9. Mengumpulkan Fakta

Tugas jurnalis adalah mengumpulkan fakta dari berita yang beredar di masyarakat. Fakta ini nantinya akan dipaparkan ke publik agar tidak ada berita simpang siur yang simpang siur.

10. Pembuatan Laporan

Jurnalis juga bertugas membuat pemberitaan berdasarkan hasil penelusuran berita dan fakta yang telah diperoleh sebelumnya. Laporan ini akan disampaikan baik secara tertulis melalui media cetak maupun lisan melalui media elektronik seperti televisi.

Itulah fungsi dan tugas jurnalis yang perlu Anda pahami dengan baik. Jika Anda tertarik menekuni profesi ini, Anda harus mempelajari jurnalisme dengan baik. Kembangkan kemampuan menulis Anda dan tingkatkan rasa percaya diri Anda sehingga Anda bisa menjadi jurnalis yang kompeten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *