10 Persyaratan Menjadi Ahli Gizi Yang Perlu Kamu Persiapkan

Bagi Anda yang mempunyai cita-cita dan minat untuk bekerja di bidang kesehatan dan gizi, ada beberapa syarat menjadi ahli gizi yang harus Anda ketahui terlebih dahulu agar bisa mempersiapkan diri. Apa syaratnya? Yuk simak berikut ini:

1. Memiliki ijazah SMA jurusan IPA

Syarat pertama yang harus Anda miliki adalah ijazah SMA jurusan IPA dan dengan nilai yang baik dan stabil. Ini akan membantu Anda untuk masuk perguruan tinggi dengan lebih mudah.

2. Sehat Jasmani dan Rohani

Memiliki tubuh yang bugar dan sehat juga menjadi syarat penting yang harus dimiliki. Kesehatan tidak hanya bersifat jasmani, tetapi juga rohani, karena ahli gizi akan berupaya menjaga kesehatan orang lain.

3. Bebas narkoba

Obat-obatan berbahaya seperti narkotika tentu tidak baik untuk digunakan. Apalagi Anda akan bekerja di bidang kesehatan gizi, sehingga tubuh Anda harus terlindungi dari zat-zat berbahaya tersebut.

4. Tidak Buta Warna

Syarat selanjutnya adalah soal kesehatan mata yaitu tidak buta warna. Tentu saja kondisi buta warna mungkin akan menyulitkan Anda sebagai ahli gizi.

5. Harus Memenuhi Standar Tinggi Minimal

Tinggi badan juga menjadi salah satu syarat menjadi ahli gizi yang harus Anda perhatikan. Untuk pria dan wanita minimal tinggi badan yang disyaratkan juga berbeda yaitu 155 cm dan 150 cm.

6. Berat Badan Ideal

Kesehatan tubuh dan gizi juga harus dilihat mulai dari diri sendiri. Itu sebabnya jika ingin menjadi ahli gizi, Anda juga harus memiliki berat badan yang ideal.

7. Menjalani Pendidikan di Jurusan Gizi

Syarat lainnya adalah harus belajar di bidang kesehatan gizi. Anda bisa memilih program pendidikan gizi, baik program D3 maupun program S1.

8. Mengikuti Kelas Teori dan Praktek

Saat memasuki dunia perkuliahan, ada baiknya untuk selalu mengikuti semua perkuliahan teori dan praktik di jurusan tersebut. Hal ini akan memudahkan dan memberikan pengalaman bekerja nantinya.

9. Menyelesaikan Pendidikan D3 atau S1

Sebelum menjadi seseorang yang ahli di bidang gizi, terlebih dahulu harus menyelesaikan pendidikan kesehatan gizi yang telah dimulai, baik itu pendidikan D3 atau S1.

10. Karir Dimulai dari Staf Gizi di Pusat Pelayanan Kesehatan

Setelah lulus kuliah, Anda bisa mulai mencoba bekerja di bidang kesehatan dan gizi. Anda bisa memulai karir dari bawah terlebih dahulu karena hal ini akan membuat Anda semakin berpengalaman dan bisa menambah wawasan.

Di atas telah dijelaskan beberapa syarat menjadi ahli gizi yang mungkin bisa membantu anda yang sedang mencari informasi seputar kesehatan atau tertarik dengan bidang kesehatan gizi dan bercita-cita bekerja di bidang tersebut. Semoga beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *