10 Skill Komputer Dalam CV Yang Sebaiknya Di Cantumkan

Komputerisasi merupakan suatu hal penting dalam dunia kerja yang harus dikuasai. Tentu saja keahlian komputer di CV Anda yang perlu dicantumkan tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya saja jika Anda ingin melamar suatu posisi keuangan, Anda perlu menguasai Microsoft Excel, software keuangan dan lain sebagainya. Berbeda jika Anda ingin melamar sebagai programmer atau software development.

Keterampilan Komputer di CV di Era Digital

Jika Anda lebih menguasai program komputer, peluang diterima pada pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi dan informasi akan semakin tinggi. Berikut beberapa jenis kemampuan komputer pada CV di era digital yang wajib Anda kuasai, yaitu:

1. Keterampilan mengetik

Sekalipun Anda tidak bekerja sebagai sekretaris, keterampilan mengetik harus dikuasai sebagai keterampilan dasar. Anda bisa diandalkan untuk mengetik surat atau proposal bisnis yang perlu diselesaikan dalam durasi singkat.

2. Pengolahan kata

Tentu saja Anda perlu menguasai kemampuan dasar komputer bahkan untuk pemula sekalipun yaitu Microsoft Word, Microsoft OneNote, Google Documents, PDF Reader, dan lain-lain.

3. Presentasi media

Jangan lupa pastikan Anda menguasai media presentasi menggunakan Microsoft Powerpoint, Keynote dan Google Slides.

4. Spreadsheet

Bagian penting dari kemampuan komputer yang bisa dicantumkan dalam CV, misalnya menguasai Microsoft Excel, Numbers, Google Spreadsheet.

5. ngeblog

Anda juga perlu menguasai skill blogging di era digital seperti sekarang untuk pengembangan bisnis perusahaan, misalnya CSS, HTML, WordPress, dan CMS.

6. Media sosial

Setiap perusahaan atau toko online seringkali membutuhkan admin media sosial yang tugasnya mengelola media sosial resmi. Tidak hanya melayani chat pelanggan, namun Anda bertugas mengelola konten di media sosial.

7. Ilmu data

Anda yang menguasai data science berpeluang bekerja dengan gaji tinggi di perusahaan. Anda bisa mencantumkan skill yang sudah Anda kuasai mulai dari Microsoft Access, NoSQL, Bl Tools, MYSQL, SQL, MATLAB, dan lain-lain.

8. Optimasi SEO

Saat ini, kemampuan membuat konten dengan optimasi SEO menjadi salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh semua perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya lebih maksimal dengan internet. Pastikan Anda menguasai program SEO seperti Google Analytics, Google Pagespeed Insights, Google Ads Keyword Planner, dan lain sebagainya.

9. Desain dasar

Menguasai kemampuan mengolah dan menciptakan desain dengan kreativitas tinggi menjadi keunggulan tersendiri. Pastikan Anda menguasai keterampilan menggunakan CorelDraw, Adobe Photoshop, Illustrator, dan lain-lain.

10. Pengembangan dan pemrograman website

Cocok bagi Anda yang sedang melamar pekerjaan sebagai website developer di suatu perusahaan atau memberikan jasa di bidang tersebut. Harus menguasai pengembangan website dan pemrograman seperti Javascript, Perl, PHP, XML, dan lain-lain.

Cantumkan keahlian komputer di CV Anda yang sesuai dengan lowongan yang Anda lamar ya. Tentunya bagi Anda yang ingin melamar menjadi staf administrasi bisa mencantumkan beberapa keahlian umum sebagai acuan dasar. Kalau kamu ingin melamar posisi lain yang membutuhkan skill tinggi, pastikan kamu benar-benar menguasainya sebelum memasukkannya ke dalam CV, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *