10 Syarat Menjadi Jurnalis Yang Perlu Dipenuhi

Tahukah Anda kalau profesi jurnalis kini semakin diminati? Jurnalis memang mempunyai peran penting bagi masyarakat dan negara saat ini. Jika Anda ingin menekuni profesi ini di masa depan maka Anda harus mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi. Berikut syarat menjadi jurnalis yang harus dipahami:

1. Memiliki Keterampilan Menulis

Jika Anda ingin menjadi jurnalis maka Anda harus memiliki kemampuan menulis. Seorang jurnalis yang baik memiliki keterampilan menulis yang hebat. Dengan begitu ia bisa memberitakan berita atau hasil liputannya dengan baik dan lancar.

2. Terampil Berbicara

Selain terampil menulis, jurnalis juga harus terampil berbicara. Keterampilan komunikasi yang baik akan sangat membantu kelancaran kerja seorang jurnalis. Baik keterampilan berbicara pada saat mewawancarai narasumber maupun pada saat menyampaikan berita yang telah diperoleh.

3. Pandai Menyelidiki

Jurnalis juga harus pandai melakukan investigasi. Dalam dunia jurnalistik, seorang jurnalis harus mau menelusuri informasi yang didapatnya. Investigasi harus dilakukan agar fakta informasi tersebut dapat terungkap dan layak untuk disampaikan kepada publik.

4. Literasi Teknologi

Syarat menjadi jurnalis selanjutnya adalah melek teknologi. Profesi jurnalis juga akan erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi. Jurnalis yang baik dan modern saat ini harus mampu memanfaatkan berbagai macam kemudahan teknologi secara bijak.

5. Memahami Kode Etik

Seorang jurnalis juga wajib memahami kode etik jurnalistik. Kode etik ini merupakan peraturan yang akan mengontrol kerja jurnalis agar tetap berada pada jalur yang benar. Pemahaman terhadap kode etik ini juga harus diimbangi dengan penerapan yang benar.

6. Memiliki Wawasan Luas

Saat Anda memutuskan menjadi jurnalis, Anda harus siap membaca dan mempelajari banyak hal baru. Anda harus mempunyai wawasan yang luas sehingga nantinya akan memudahkan Anda dalam melakukan penyelidikan. Anda juga lebih mudah menemukan fakta dan menyusun berita dari wawasan tersebut.

7. Peka terhadap Lingkungan

Jurnalis harus mempunyai rasa kepekaan terhadap lingkungan. Kepekaan inilah yang menjadikan seorang jurnalis mempunyai bahan berita. Meski demikian, penyelidikan tetap harus dilakukan agar pemberitaan tersebut terbukti benar dan dapat tersampaikan ke publik.

8. Mandiri

Syarat selanjutnya yang harus dimiliki oleh calon jurnalis adalah independensi atau independensi. Seorang jurnalis harus independen dan tidak memihak dalam menyampaikan berita.

9. Selalu Kritis

Jurnalis juga dituntut untuk selalu kritis terhadap informasi yang diterimanya. Tentu saja, jurnalis tidak boleh langsung percaya pada informasi apa pun. Ia harus kritis dan menggali informasi lebih dalam.

10. Berpikiran Terbuka

Salah satu ciri yang harus dimiliki oleh jurnalis adalah berpikiran terbuka. Seorang jurnalis harus bisa menerima berbagai hal yang ada disekitarnya. Pikiran terbuka ini akan memudahkan jurnalis menggali lebih dalam berbagai informasi.

Itulah syarat-syarat menjadi seorang jurnalis. Jika Anda memang ingin menekuni profesi ini maka mulailah belajar dengan rajin mulai dari sekarang. Pastikan Anda juga membina kemampuan menulis dan berbicara agar bisa menjadi jurnalis yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *