10 Tips Yang Syaratkan Pakaian Bebas Rapi Untuk Interview

Wawancara merupakan salah satu bagian penting dalam proses seleksi karyawan baru agar Anda bisa mendapatkan posisi tersebut. Pasalnya, bukan hanya Anda saja yang mendapat undangan untuk menghadiri wawancara tersebut. Anda harus terus bersaing dengan calon pegawai yang mendapat undangan setelah lulus kualifikasi administrasi. Kalau ada tanda-tanda harus pakai baju rapi untuk wawancara, maka pastikan kamu pakai baju yang relevan ya!

Tips memilih pakaian bebas yang rapi untuk wawancara

Agar proses wawancara berlangsung lancar, berikut beberapa tips memilih pakaian yang rapi untuk wawancara, yaitu:

1. Pilih celana kain

Celana berbahan kain menunjukkan Anda ingin tampil profesional dan formal di hadapan perekrut. Jika wanita harus mengenakan rok, maka pilihlah rok yang panjangnya selutut atau sepanjang mata kaki sesuai dengan gaya busana pilihan Anda. Hindari celana atau rok dari bahan jeans dan denim, ya!

2. Mengenakan kemeja

Kemeja putih biasanya menjadi ciri pakaian kasual yang tidak rapi, namun Anda bisa mengenakan kemeja warna apa pun jika tidak ada batasan. Misalnya kemeja berwarna hitam yang memberikan kesan elegan, warna biru untuk menunjukkan bahwa Anda dapat bekerja dalam tim, atau warna abu-abu untuk menunjukkan bahwa Anda dapat berpikir logis dan analitis.

3. Perhatikan model dan motif pakaian

Gaya pakaian bagian atas sangat penting karena dapat mengalihkan perhatian perekrut pertama kali. Anda bisa memilih aksen pita pada kemeja, memiliki kerah pada kemeja, atau menambahkan aksesoris tertentu asalkan tidak berlebihan.

4. Tambahkan kardigan atau jas

Hal ini dapat menambah kesan profesional di mata perekrut, apalagi jika Anda melamar pada jenis pekerjaan yang membutuhkan skill dan portofolio yang baik.

5. Perhatikan sepatu yang Anda kenakan

Jenis sepatu yang tertutup pada bagian ujung kaki ini sangat direkomendasikan terutama bagi para wanita yang memiliki banyak koleksi sepatu. Anda bisa menghindari jenis sepatu yang terbuka di bagian depan, baik flat shoes maupun high heels.

6. Pastikan tatanan rambut rapi

Jika Anda berhijab, maka Anda bisa mengenakan gaya hijab formal atau tidak menambahkan terlalu banyak aksesoris hijab. Bagi wanita yang tidak berhijab, sebaiknya menata rambut dengan baik, rapi dan tidak kusam. Sedangkan bagi pria yang ingin tampil lebih rapi saat wawancara pertama, pastikan untuk memakai pomade rambut terbaik, ya!

7. Pakailah parfum yang bagus

Jangan menggunakan parfum dengan wangi yang terlalu pekat dan menyengat sehingga mengganggu indera penciuman perekrut saat melakukan wawancara dengan Anda nantinya.

8. Pastikan pakaian tidak kotor atau kusut

Anda harus memastikan baju dan celana Anda sudah disetrika dan wangi agar kesan pertama benar-benar menarik.

9. Menggunakan aksesoris tambahan

Aksesori jam tangan atau gelang boleh saja, asalkan tidak terlalu heboh sehingga perekrut memberi Anda nilai negatif pada penampilan pertama Anda.

10. Pastikan Anda merasa nyaman dengan gaun tersebut

Semua tips berpakaian rapi di atas bisa disesuaikan dengan gaya fashion Anda masing-masing. Pastikan Anda nyaman mengenakan pakaian tersebut alias tidak terlalu ketat, tidak terlalu pendek atau memperlihatkan bagian tubuh yang mungkin memberikan pandangan negatif.

Siapkah Anda menghadapi calon atasan Anda dengan pakaian rapi dan bebas untuk wawancara beberapa hari ke depan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *