Kalau kamu Baru Lulus, Berikut Pilihan Pekerjaan Di Bidang Kesehatan

Sejak dahulu kala, bidang kesehatan memang selalu ramai peminatnya. Banyak pelajar yang tertarik untuk melanjutkan pendidikannya di bidang ini. Tak heran jika jurusan kuliah yang berkaitan dengan dunia kesehatan selalu ramai peminatnya. Ternyata banyak sekali pilihan profesi di dunia kesehatan. Berikut pekerjaan di bidang kesehatan yang layak untuk dipilih:

1. Dokter

Yang pertama tentu saja ada dokter yang sangat identik dengan dunia kesehatan. Profesi ini menjadi incaran banyak orang dan tidak mudah untuk ditekuni. Untuk menjadi seorang dokter diperlukan kerja keras dan dedikasi yang tinggi.

2. Perawat

Ditambah lagi dengan dokter, perawat akan selalu dibutuhkan dalam dunia kesehatan. Tugas utama perawat adalah membantu dokter dalam melaksanakan pemeriksaan serta penanganan pasien.

3. Apoteker

Berikutnya ada apoteker yang juga mempunyai hubungan dekat dengan bidang kesehatan. Apoteker adalah orang yang bertugas mendistribusikan berbagai jenis obat. Apoteker dapat bekerja di apotek atau perusahaan obat.

4. Radiografer

Profesi lain yang erat kaitannya dengan bidang kesehatan adalah radiografer. Ini adalah orang yang bekerja untuk mengambil gambar radiografi seperti sinar-X. Seorang radiografer akan dibutuhkan di rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan radiografi.

5. Ahli Gizi

Jenis pekerjaan selanjutnya di bidang kesehatan adalah ahli gizi. Sesuai dengan namanya, ahli gizi akan bekerja mengatur gizi yang diperoleh pasien di rumah sakit. Selain itu, ahli gizi juga biasanya dibutuhkan pada perusahaan yang memproduksi makanan.

6. Bidan

Selain itu, ada juga bidan yang juga merupakan contoh profesi penting dalam dunia kesehatan. Bidan merupakan orang yang berperan membantu proses kelahiran bayi. Selain itu, bidan juga bertugas memantau kondisi kesehatan ibu hamil dan memberikan pendidikan kesehatan di tingkat desa.

7. Analis Kesehatan

Ada pula profesi analis kesehatan yang juga bisa Anda tekuni jika tertarik bekerja di bidang kesehatan. Analis kesehatan mempunyai tugas menganalisis kondisi kesehatan pasien sehingga dapat membantu langkah diagnosis dokter.

8. Ahli Laboratorium Klinik

Profesi ahli laboratorium klinik juga sangat populer di dunia kesehatan. Profesi ini bertugas melakukan berbagai kegiatan pengujian laboratorium. Perannya sangat penting karena mempengaruhi hasil diagnosis yang diberikan dokter.

9. Terapis

Berikutnya adalah profesi terapis yang tugasnya memberikan perawatan terhadap pasien dengan gangguan kesehatan tertentu. Jenis terapisnya juga sangat bervariasi tergantung keahlian dan cakupan tindakan terapi yang diberikan.

10. Penyuluhan Kesehatan

Ada juga pilihan profesi penyuluhan kesehatan yang menarik untuk ditekuni. Profesi ini bertugas memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai kesehatan. Pendidik kesehatan harus mampu memberikan edukasi yang tepat dan efektif kepada masyarakat.

Itulah tadi 10 jenis pekerjaan di bidang kesehatan yang bisa Anda tekuni. Anda bisa memilih profesi yang sesuai dengan passion dan latar belakang pendidikan Anda. Semoga informasi dari artikel ini dapat memberikan inspirasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *