Lulusan SMP? Ini 10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMP

Latar belakang akademis bukan jaminan kesuksesan seseorang, bukan sekedar omong kosong belaka. Tentu ada syaratnya, orang sukses adalah orang yang mau bekerja keras dan adaptif terhadap segala perubahan. Jika ada peluang untuk meraih pendidikan tinggi, maka sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Tidak semua orang bisa mengenyam pendidikan tinggi, bukan? Jangan berkecil hati jika Anda hanya lulusan SMP karena ada pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMP.

Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMP di Indonesia

Berikut ini referensi pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMP di Indonesia, yaitu:

1. TNI Terdaftar

Kabar gembira bagi laki-laki atau perempuan yang sudah tamat SMP dan ingin mengabdi pada negara, bisa menjadi anggota TNI yang artinya minimal tamatan SMP/sederajat. Tentunya semua syarat tersebut harus dipenuhi, misalnya harus berusia minimal 17 tahun 9 bulan, memiliki tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita, ingin ditempatkan di seluruh wilayah Republik. Indonesia, dan sebagainya.

2. Kantor Laki-Laki/Perempuan

Anda bisa bekerja sebagai petugas kebersihan yang sangat dibutuhkan di tempat umum, kantor atau perusahaan manapun. Pastikan Anda memenuhi kualifikasi yang disyaratkan, misalnya pembersihan yang kompeten dan telaten.

3. Pelayan

Menjadi pramusaji di warung makan, bar, restoran atau kafe bisa menjadi pilihan pekerjaan yang cocok untuk Anda. Gaji rata-rata seorang pramusaji sesuai standar UMR atau sesuai kesepakatan dengan atasan, misalnya Anda bekerja part time atau full time.

4. Asisten penjualan

Tidak semua toko memberikan kualifikasi bagi karyawannya yang lulusan SMA/sederajat, namun ada pula yang menetapkan minimal tamatan SMP. Setidaknya Anda yang lulusan SMP bisa menjadi sales staff yang bertugas membantu pelanggan dengan lebih nyaman, melayani atau menerima pesanan sesuai dengan jobdesk di toko tersebut.

5. Masak

Mulailah saja bekerja sebagai asisten juru masak di sebuah warung makan, maka Anda berpeluang menjadi juru masak yang handal di kemudian hari.

6. Pekerja proyek konstruksi

Anda bisa memilih pekerjaan sebagai pekerja proyek konstruksi yang tidak memerlukan latar belakang akademis, asalkan Anda ingin bekerja dengan fisik yang kuat. Jika Anda ingin menjadi teknisi yang lebih terampil seperti tukang bangunan, pastikan Anda bersedia belajar untuk menjadi tukang yang bayarannya lebih tinggi.

7. Karyawan pabrik

Ada pabrik yang mewajibkan seluruh karyawannya lulusan SMA/sederajat, namun ada juga pabrik lokal yang menerima lulusan SMP.

8. Seni

Menjadi pembantu rumah tangga bisa menjadi pilihan pekerjaan bagi Anda yang lebih suka membersihkan rumah atau mengurus anak kecil. Gaji ART atau babysitter berpengalaman bisa di atas UMR sesuai kesepakatan dengan atasan.

9.TKI

Lulusan SMP bisa menjadi TKI di sektor formal maupun informal dengan iming-iming gaji besar di luar negeri.

10. Pengusaha

Anda masih mempunyai peluang untuk menjadi wirausaha mandiri yang memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain. Pendidikan bukan menjadi acuan, namun harus tetap bekerja keras, kreatif, bekerja cerdas, dan mampu memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Kini Anda bisa memutuskan pekerjaan mana yang cocok untuk lulusan SMP yang paling relevan dengan kemampuan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *