Makin Mahir

Dalam pembuatan berkas lamaran kerja, terkadang Anda diminta oleh perusahaan untuk menulis CV dalam bahasa Inggris. Salah satu hal yang mungkin membuat Anda bingung adalah ketika Anda harus menulis deskripsi diri Anda dalam bahasa Inggris atau biasa disebut dengan Bagian Tentang Saya. Karena bingung, biasanya orang hanya menulis biodata pendek seperti nama, alamat, umur, nomor telepon, email dan data lainnya yang ditulis dalam bentuk daftar yang membosankan. Padahal, jika Anda bisa memberikan pengenalan singkat yang sedikit lebih menarik, mungkin CV Anda akan berpeluang dilirik oleh HR. Bagaimana cara menulis deskripsi diri (tentang saya) di CV dalam bahasa Inggris? berikut tipsnya.


Apa Itu Deskripsi Diri

letakkan-deskripsi-diri-di-cv
Tempatkan deskripsi diri pada CV

Singkatnya, deskripsi diri adalah gambaran umum tentang pelamar kerja sehingga perekrut mendapatkan informasi awal yang berharga tentang pelamar. Deskripsi diri dikenal sebagai sebutan Tentang saya atau Profil Pribadi. Bagian ini biasanya ditempatkan di awal CV (lihat gambar di atas). Pertanyaannya sekarang adalah informasi berharga seperti apa? Yaitu informasi yang sesuai dengan kriteria calon pekerja yang dibutuhkan dalam lowongan kerja. Jadi tidak perlu menulis penjelasan panjang lebar yang tidak relevan dengan kriteria lowongan. Ya se-sederhana hanya itu.

Dalam satu kali rekrutmen terbuka calon pegawai baru, tidak menutup kemungkinan HRD akan menerima puluhan bahkan ratusan CV dari para pelamar kerja. Bagi perusahaan yang sudah menggunakan ATS Scanner dalam menyeleksi CV, tidak menutup kemungkinan semua CV akan di-scanscan cepat secara keseluruhan. Namun masalahnya bagi perusahaan yang tidak menggunakan ATS Scanner, mau tidak mau HR akan mengecek CV secara manual satu per satu. Jika sudah demikian, HR tidak mungkin membaca seluruh CV yang masuk dari awal hingga akhir. HR tentu akan membaca hal terpenting terlebih dahulu, yaitu kesesuaian kriteria pelamar dengan lowongan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penting bagi pelamar kerja untuk menulis bagian tentang saya ini disertai informasi singkat yang menggambarkan kesesuaian kriteria pelamar dengan lowongan kerja.

Hal itulah yang menjadi alasan untuk menulis deskripsi diri singkat yang sesuai dengan kriteria lowongan kerja dan ditempatkan di awal CV.

1. Singkat

tuliskan tentang saya secara singkat, jelas, dan relevan dengan kriteria lowongan kerja yang dilamar. Menulis tentang saya yang bertele-tele malah akan membuang-buang waktu HR dan berpotensi juga CV Andamelewati oleh HR, karena menurut inc.com, rata-rata HR hanya membutuhkan waktu 6 detik untuk memutuskan apakah sebuah CV layak untuk dipertimbangkan atau tidak.

2. Jujurlah

Hindari menulis deskripsi diri yang terkesan melebih-lebihkan diri sendiri. Hal ini akan berakibat fatal yang merugikan diri sendiri hingga menghancurkan reputasi pribadi. HR punya cara tersendiri untuk mengetahui apakah sebuah CV merupakan CV yang jujur, berlebihan, atau malah penuh manipulasi data. Misalnya, jika Anda lulus kuliah dalam waktu 7 tahun, tulis saja apa adanya. Kekurangan tersebut bisa ditutupi dengan pengalaman lain yang Anda dapatkan sebagai kompensasi lamanya kelulusan.

3. Koreksi Penulisan

Setelah Anda selesai menulis deskripsi diri Anda, pastikan tidak ada kesalahan ketik (typo). Anda dapat melakukannya dengan membaca ulang deskripsi Anda dengan lantang dan berbicara dengan jelas. Jadi jika ada salah ketik bisa segera diperbaiki. HR bisa menganggap Anda sebagai orang yang kurang teliti jika ada kesalahan dalam penulisan.

4. Perbarui Deskripsi Anda

Untuk segar lulus yang merasa kesulitan mendapatkan pekerjaan karena kurangnya pengalaman, maka update deskripsi diri bisa menjadi solusinya. Pada update ini juga tidak melakukan manipulasi data. Tetap berpegang pada prinsip kejujuran. Jika dalam proses melamar pekerjaan ada peluang kerja freelance tanpa banyak persyaratan, maka peluang tersebut bisa dijadikan bahan pemutakhiran deskripsi diri dan tambahan pengalaman. Sehingga nilai pelamar kerja akan meningkat dibandingkan sebelumnya.

5. Gunakan Kata-Kata Ini

Menurut callcenterhelper.com, ada 25 kata atau lebih dalam bahasa Inggris yang dapat Anda gunakan untuk mendeskripsikan diri Anda. Beberapa di antaranya adalah kata-kata mampu (mampu), kerja keras (bekerja keras), dapat diandalkan (dapat diandalkan), energik (bersemangat), dan lain-lain. Misalnya kata mampu dapat digunakan untuk menulis”Saya mampu menangani banyak tugas…” (Saya mampu menangani beberapa pekerjaan sekaligus…). Penggunaan kata mampu di sini dianggap lebih tepat dibandingkan menggunakan kata tersebut BisaKarena mampu menunjukkan suatu kemampuan atau keterampilan.

Contoh About Me di CV Bahasa Inggris

Mahasiswa tingkat akhir



Saya seorang individu yang energik dan pekerja keras dengan hasrat besar terhadap industri transportasi dan logistik. Saat ini saya sedang menjalani tahun terakhir studi Sarjana Logistik dan Manajemen Rantai Pasokan di Institut Bisnis Indonesia. Saya memiliki keterampilan komunikasi yang luar biasa yang memungkinkan saya berkomunikasi secara efektif dengan banyak orang. Saya melihat posisi paruh waktu di industri di mana saya dapat mempraktikkan pengetahuan saya, yang pada akhirnya bermanfaat bagi operasional organisasi tempat saya bekerja.

Itu berarti:

Saya seorang individu yang bersemangat dan pekerja keras dengan hasrat besar terhadap industri transportasi dan logistik. Saat ini saya sedang menjalani tahun terakhir Sarjana Logistik dan Manajemen Rantai Pasokan di Institut Bisnis Indonesia. Saya memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik yang memungkinkan saya berkomunikasi secara efektif dengan banyak orang. Saya melihat posisi paruh waktu di industri ini di mana saya dapat mempraktikkan pengetahuan saya, yang pada akhirnya bermanfaat bagi operasional organisasi tempat saya bekerja.

Lulusan baru

Saya lulusan Matematika Universitas Majapahit, tertarik dengan analisis data dan statistik. Saya menjadi asisten dosen pada mata kuliah analisis data multivariat selama 2 tahun berturut-turut. Seorang pemimpin yang berkemampuan tinggi, telah memimpin beberapa proyek kelas senior hingga selesai. Mahir dalam berbagai alat analisis data termasuk SPSS, AMOS, R-Software, dan Matlab.

Itu berarti:

Saya seorang lulusan Matematika dari Universitas Majapahit, tertarik pada analisis data dan statistik. Saya seorang asisten pengajar pada mata kuliah analisis data multivariat selama 2 tahun berturut-turut. Seorang pemimpin yang berkemampuan tinggi, telah memimpin beberapa proyek kelas senior hingga selesai. Mahir dalam berbagai alat analisis data termasuk SPSS, AMOS, R-Software, dan Matlab.

Berpengalaman

Saya seorang profesional TI yang sangat kompeten dengan rekam jejak yang terbukti dalam merancang situs web, jaringan, dan mengelola basis data. Saya memiliki keterampilan teknis yang kuat serta keterampilan interpersonal yang sangat baik, memungkinkan saya berinteraksi dengan banyak klien. Saya sangat ingin ditantang untuk tumbuh dan lebih meningkatkan keterampilan TI saya. Gairah terbesar saya dalam hidup adalah menggunakan pengetahuan teknis saya untuk memberi manfaat bagi orang lain dan organisasi.

Itu berarti:

Saya seorang profesional TI yang sangat kompeten dengan rekam jejak yang terbukti dalam merancang situs web, membangun jaringan, dan mengelola basis data. Saya memiliki keterampilan teknis yang kuat serta keterampilan interpersonal yang sangat baik, memungkinkan saya berinteraksi dengan berbagai klien. Saya sangat menginginkan tantangan untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan IT saya. Semangat terbesar saya dalam hidup adalah menggunakan pengetahuan teknis saya untuk memberi manfaat bagi orang lain dan organisasi.


Kesimpulan

Itulah 3 contoh deskripsi diri dalam bahasa inggris beserta artinya. Semoga 3 contoh di atas yang memuat deskripsi diri bagi mahasiswa atau mahasiswa yang belum lulus, freshgraduate, dan berpengalaman, dapat menjadi referensi anda dalam menulis. tentang saya yang menarik. Luangkan sedikit waktu untuk melatih kemampuan Anda dalam menulis deskripsi diri yang menarik agar CV Anda menjadi salah satu CV yang sulit ditolak oleh HR manapun. Jika Anda ingin cara cepat membuat CV pemenang, silahkan download template CV yang Makinmahir.id sediakan untuk Anda, GRATIS, dan optimalkan konten CV Anda dengan review CV langsung dari HR Recruiters.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *