Ponpes Budi Utomo Solo – Surakarta

Pondok Pesantren Budi Utomo Solo – Surakarta

Pondok Pesantren Modern Budi Utama Surakarta) merupakan kompleks pesantren yang berada di bawah naungan Lembaga Dakwah Islam Indonesia. Kompleks ini terdiri dari Pondok Pesantren Budi Utomo, SMA Budi Utomo, SMP Budi Utomo, SD Islam Terpadu Bina Insan Thoyibah, dan TK Islam Terpadu Bina Insan Thoyibah.

Pondok pesantren ini mulai beroperasi pada tahun 1993 dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada tanggal 2 Juni 2007.

Pesantren ini dipimpin oleh Drs. KH. Muhammad Thoyibun, SH., MM.. Dewan Guru yang ada terdiri dari 7 orang guru dan saat ini mendidik sekitar 154 siswi dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa di antaranya berasal dari Samarinda dan Merauke.

Dalam kehidupan sehari-hari siswa dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu siswa pelajar dan siswa murni. Perbedaan keduanya terletak pada fokus pendidikannya.

Santri bersekolah di sekolah negeri seperti SMAN 1 Surakarta, SMAN 5 Surakarta, SMK Bhinneka Karya Surakarta, dan SMKN 2 Surakarta dengan fokus pada pendidikan pesantren tradisional, sedangkan santri murni fokus pada pendidikan pesantren tradisional saja.

Pendidikan pesantren tradisional di pesantren ini dibagi menjadi 4 kategori kelas (Pegon, Lambat, Cepat, Filter) dan menggunakan dua bahasa pengantar yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.

#Ponpes Budi Utomo Solo – Surakarta #ldii solo #ldii Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *