Cara Copy Chat WhatsApp ke HP Lain

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia. Dengan WhatsApp, Anda dapat terhubung dengan keluarga, teman, dan rekan kerja di seluruh dunia. Namun, terkadang Anda mungkin perlu memindahkan riwayat obrolan WhatsApp dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara mudah untuk melakukan ini.

Metode 1: Menggunakan Fitur Pencadangan dan Pemulihan WhatsApp

Langkah pertama untuk memindahkan riwayat obrolan WhatsApp adalah dengan menggunakan fitur pencadangan dan pemulihan bawaan. Fitur ini memungkinkan Anda membuat salinan cadangan riwayat obrolan WhatsApp Anda dan memulihkannya di perangkat baru. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka WhatsApp di perangkat lama Anda dan buka menu Pengaturan.
  2. Pilih opsi Obrolan lalu pilih opsi Cadangan Obrolan.
  3. Anda dapat memilih untuk membuat salinan cadangan ke Google Drive atau mentransfernya ke perangkat lain menggunakan kabel USB.
  4. Kemudian, instal WhatsApp di perangkat baru Anda dan masuk ke akun Anda.
  5. Setelah masuk, WhatsApp akan menanyakan apakah Anda ingin memulihkan riwayat obrolan dari cadangan. Pilih opsi Pulihkan dan tunggu prosesnya selesai.

Metode 2: Menggunakan Aplikasi Transfer Data

Jika Anda tidak ingin menggunakan fitur pencadangan dan pemulihan bawaan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi transfer data pihak ketiga untuk memindahkan riwayat obrolan WhatsApp Anda. Berikut beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan:

  • Dr.Fone – Transfer (Android dan iOS)
  • MobileTrans – Menyalin Data ke Android (Android ke Android)
  • Backuptrans – Transfer WhatsApp Android iPhone (Android ke iPhone)

Langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini berbeda-beda tergantung aplikasi yang dipilih. Namun, umumnya Anda perlu menginstal aplikasi di kedua perangkat, menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi yang sama, dan menyelesaikan proses penyiapan yang diperlukan. Setelah itu, Anda dapat memilih data WhatsApp yang ingin Anda transfer dan memulai proses transfer.

BACA JUGA   Cara Pasang Bracket TV Samsung 32 Inch

Metode 3: Menggunakan Fitur Teruskan Obrolan

Cara terakhir untuk memindahkan history chat WhatsApp adalah dengan menggunakan fitur forward chat. Fitur ini memungkinkan Anda meneruskan obrolan tertentu dari satu percakapan ke percakapan lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka WhatsApp dan temukan obrolan yang ingin Anda pindahkan.
  2. Tahan pesan yang ingin Anda pindahkan dan pilih opsi Teruskan.
  3. Pilih obrolan atau kontak yang ingin Anda kirimi pesan.
  4. Pesan tersebut akan muncul di chat baru dan dapat diakses di perangkat lain.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mudah memindahkan riwayat chat WhatsApp dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, selalu pastikan untuk membuat cadangan data Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data berharga.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *