Cara Meredupkan Layar Laptop Lenovo ThinkPad dan ThinkCentre

Cara Meredupkan Layar Laptop Lenovo ThinkPad dan ThinkCentre

Pada dasarnya mengatur brightness layar laptop sangat mudah menggunakan tombol brightness. Namun, laptop Lenovo ThinkPad dan ThinkCentre memang memiliki cara khusus untuk meredupkan layar. Berikut cara meredupkan layar laptop Lenovo ThinkPad dan ThinkCentre:

1. Menggunakan tombol pintasan

Cara yang pertama sangat mudah dan umum digunakan untuk semua merk laptop, khususnya menggunakan tombol shortcut pada keyboard laptop. Pilihan shortcut yang bisa dipilih adalah:

  • Tekan tombol Fn dan End untuk mengurangi kecerahan atau meredupkan layar laptop. Jika diperhatikan lebih dekat pada tombol End memang terdapat icon brightness dan tanda down yang artinya memang menurunkan brightness layar laptop.
  • Tekan tombol F5 untuk mengurangi kecerahan layar laptop. Setelah menekan tombol ini, secara otomatis skala kecerahan akan muncul dengan angka yang semakin menurun. Sehingga akan melemahkan layar laptop Lenovo yang digunakan.

2. Ubah pengaturan di Windows

Cara meredupkan layar laptop Lenovo juga bisa dilakukan dengan mengubah setting Windows. Untuk itu, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah:

  • Coba cari tampilan (Display), lalu pilih pengaturan tampilan, maka akan muncul brightness dan color bar.
  • Untuk meredupkan layar laptop, navigasikan penggeser ke kiri untuk mengurangi kecerahan.

Cara meredupkan layar laptop seperti ini sebenarnya bisa dilakukan pada laptop merk apapun. Hal ini dikarenakan setting dilakukan melalui windows, bukan laptop. Jika cara ini gagal meredupkan layar laptop lenovo, maka cara selanjutnya bisa anda lakukan.

3. Perbarui driver tampilan

Cara meredupkan layar laptop selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengupdate driver laptop lenovo. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah:

  • Cari pengelola perangkat di laptop Lenovo yang ingin Anda redupkan layarnya
  • Kemudian cari opsi Monitor
  • Kemudian klik untuk memperluas tab dan klik kanan pada monitor PnP
  • Klik perbarui driver
  • Lanjutkan dengan memilih Browse My Computer for Driver Software
  • Kemudian pilih “Biarkan saya memilih dari daftar”
  • Mungkin ada dua jenis driver yang terdaftar di sana: PnP dan Generic PnP
  • Pilih Generic PnP dan klik next untuk menyelesaikan proses instalasi

Dengan cara ini Anda dapat meredupkan layar laptop Lenovo dengan memperbarui driver tampilan.

4. Sesuaikan warna dengan Lenovo Vantage

Upaya terbaru Lenovo untuk meredupkan layar laptop adalah penyesuaian warna dengan Lenovo Vantage. Lenovo Vantage adalah fitur khusus pada laptop Lenovo yang melakukan penyesuaian pada panel LCD jika warna panel terlalu kuning dibandingkan laptop lainnya.

Jadi pemilik laptop Lenovo bisa mengatur Eye Care Mode untuk meredupkan layar laptop. Namun perlu diingat bahwa ini hanya dapat digunakan untuk ThinkPad yang menjalankan setidaknya Windows 10 versi 1703 atau lebih baru.

Jika laptop Lenovo tidak memenuhi kedua syarat tersebut, pengaturan Lenovo Vantage tidak akan berfungsi. Jadi, pemilik laptop sebaiknya mengupdate sistem operasi Windows terlebih dahulu sebelum menggunakan Lenovo Vantage.

Baca juga: Cari tahu penyebab keyboard laptop tidak berfungsi.

Berikut cara meredupkan layar laptop Lenovo yang bisa dilakukan untuk model ThinkPad dan ThinkCentre. Ini mudah dilakukan dengan memilih salah satu metode di atas dan mengikuti langkah-langkahnya. Semoga informasi ini dapat membantu, khususnya pemilik laptop lenovo yang bingung ketika ingin meredupkan layar laptopnya.

BACA JUGA   Cara Menyalakan TV Toshiba dengan Remot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *