Cas Laptop Rusak? Tenang, ini Solusinya – Breedie

~ Andai saja charger laptop tidak pernah rusak

JJika charger laptop Anda rusak, apa yang Anda lakukan, Breeders? Setelah sedih dan kesal, pasti kamu akan memikirkannya terlebih dahulu bukan? Setidaknya cari tahu penyebab chargernya rusak. Apakah kawatnya pernah digigit tikus, korsleting, atau tercebur ke dalam genangan kencing kucing?

Memang kasus charger rusak banyak disebabkan oleh hal-hal yang tidak terduga bahkan sepele. Tak perlu dicantumkan, bisa-bisa para Breeder akan pusing membacanya.

Jika Anda sudah menyimpulkan alasannya, Anda bisa memperkirakan apa langkah Anda selanjutnya. Ya, charger lama itu, para Peternak pasti segera membawanya ke bengkel terdekat. Selain itu, uang yang dikantongi cukup banyak sambil berharap biaya perbaikannya sesuai anggaran. Soalnya, biaya perbaikan charger tidak ditampilkan secara terbuka seperti harga seporsi ayam geprek level pedas 18+.

Nah, sebelum para Breeders mengenal Abang Serviceman, simak dulu dulu tips singkat memperbaiki charger laptop rusak yang dijelaskan oleh Lembaga Studi Breedie (bisa disingkat LSB). Tips ini diambil kebijaksanaan dari kasus yang melibatkan charger laptop Breedie Crew.

https://www.instagram.com/p/BqKtmtWH2s-/?utm_source=ig_web_copy_link

Begini ceritanya. Charger laptop The Crew memang berkali-kali dicabut seperti lagu BBB. Kabel DC putus perlahan sampai ke pangkalan. Jika hal ini terjadi, sebaiknya disolder atau dilas sesegera mungkin. Namun, The Crew tidak pandai menyolder. Alih-alih menyoldernya sendiri dengan tangan, dia membawanya ke saudara tukang reparasi untuk menyolder langsung di pangkalan.

Sesampainya di bengkel, eh tukangnya malah bilang kalau chargernya harus dibongkar. Ini karena sisa kabel di bagian dasar sudah tidak memungkinkan lagi untuk disolder. Di sinilah kekacauan dimulai. Dengan bantuan obeng, abang tukang membuka charger dengan cara kuno. Dia sedang mencongkel jalur sambungan penutup pengisi daya. Tidak berfungsi semenit, dua menit, sampai hampir lima menit, masih belum terbuka. Yang terlihat adalah casing chargernya sudah compang-camping digigit obeng rakus. Adik tukang itu kecewa, padahal keringatnya bercucuran deras.

BACA JUGA   Ingin Jadi Anggota Polisi Militer? Ini Tes dan Syarat Tinggi Badan Yang Dibutuhkan

Yang lebih kecewa tentu saja pemilik charger yang rusak tersebut. Aku ingin menangis, aku malu, aku ingin marah, aku tidak enak badan, aku ingin pulang, kakiku terasa berat untuk berjalan, duh. Untung saja aku tidak kencing di celana.

Namun didorong oleh semangat yang kuat, akhirnya dia sampai di rumah. Alih-alih terus-menerus mengutuk The Brother Builder, dia mulai mencari cara untuk membuka skin charger di YouTube. Alhasil, dia menjelaskannya kepada LSB dan menceritakannya kembali di sini.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada banyak penyebab mengapa charger rusak. Yang dijelaskan disini adalah kasus kerusakan pada charger akibat putusnya kabel. Sedangkan adaptornya masih bagus dan lucu. Meski begitu, charger tersebut akan percuma karena tidak mampu menyuplai arus untuk mengisi baterai laptop.

Biasanya adaptor charger laptop dibungkus secara permanen untuk melindungi komponen-komponen di dalamnya seperti trafo, kondensor, dioda, dan lain-lain. Komponen-komponen ini bekerja sepanjang waktu (demi kepentingan Anda) untuk mengubah arus AC tegangan tinggi menjadi arus DC tegangan rendah.

Jika Anda pernah belajar Fisika di sekolah, Breeders pasti ingat apa itu AC, apa itu DC. Jika keduanya tidak digabung menjadi satu maka akan menjadi nama sebuah band. Secara umum keberadaan pengubah arus adalah agar masyarakat tidak langsung mengisi daya laptopnya dari bawah tiang listrik dengan arus tegangan tinggi. Usus laptop bisa dipecah.

Karena charger laptop dikemas rapat dan kuat, jadi tidak mudah rusak, eh maksudnya tidak mudah dibongkar. Bahkan bautnya pun tidak terlihat. Akibatnya obeng menjadi tidak berguna. Kasus Saudara Prajurit patut menjadi perhatian kita semua.

Alih-alih obeng, yang perlu disiapkan dalam “percobaan” membongkar casing charger adalah pisau tumpul dan palu. Siapkan juga handuk kecil atau kain pelindung dari kesusahan. Lihat seperti pada animasi berikut.

Alat yang diperlukan

Alat yang diperlukan

Setelah alat disiapkan, bawalah “terdakwa” adaptor charger yang rusak. Lalu “trial” dia seperti gambar animasi di bawah ini.

Cara Membuka Charger Laptop

Cara Membuka Charger Laptop

Lakukan secara perlahan pada kedua sisi charger agar sealernya terbuka. Jangan terburu-buru menyiapkannya dengan cepat. Ingat, Peternak membuka casing bukan membelah kayu.

BACA JUGA   Bestie, Ini loh 5 Fakta Menarik Tentang Hijab yang Bikin Bangga

Kalau dilihat dari cara di animasinya sepertinya mudah. Selamat mencoba, jika ada pertanyaan, langsung saja hubungi LSB di Facebook dan Instagram. Mereka rela diprotes bila salah. Breedie tidak bertanggung jawab atas tutorial ini.

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di InsertApps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *