Makin Mahir

Psikotes merupakan salah satu tes wajib yang harus dilalui oleh setiap calon pencari kerja. Salah satunya adalah Tes Psikologi Spasial. Bagi anda rekan kerja yang belum mengetahui apa itu psikotes spasial, silahkan simak dan pelajari contoh soal psikotes spasial beserta jawabannya untuk membantu anda menjalani seleksi kerja di perusahaan idaman anda.


Apa itu Tes Psikologi Spasial

Menurut KBBI, kata spasial sendiri mempunyai arti segala sesuatu yang berhubungan dengan ruang atau tempat. Jadi Psikotes Spasial dapat dipahami sebagai salah satu tes psikologi yang berkaitan dengan pemahaman dan visualisasi bentuk-bentuk spasial.

Tes psikologi spasial lebih fokus pada pengujian kemampuan seseorang dalam perspektif spasial, visualisasi bentuk spasial (3 dimensi) yang direpresentasikan dalam bidang datar. Ini bisa berupa pencocokan bentuk, rotasi, pencerminan, penggabungan, atau membangun ruang kubus.

Tes psikologi ini sering digunakan dalam seleksi calon pegawai BUMN.

Tujuan Tes Psikologi Spasial

Tes Psikologi Spasial bertujuan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam melihat bentuk geometris, memanipulasi potongan bangun ruang, mengetahui tingkat pemahaman dan pola penalaran terkait bentuk geometris.

Cara Melakukan Tes Psikologi Spasial

Karena ciri-ciri psikotes spasial adalah penalaran dan visualisasi spasial, maka materi pembelajaran yang perlu disiapkan adalah materi spasial atau dimensi 3 pada matematika SMA/SMK.

Disini perhatian lebih diberikan pada kejelian mengamati pola dan detail gambar 3 dimensi. Jika diminta melanjutkan gambar berikutnya, berarti gambar spasial yang disajikan mempunyai pola tertentu dalam perubahannya. Jika disuruh memilih 1 jaring kubus yang sesuai dengan kubus pada soal, maka anda hanya perlu memperhatikan detail gambar baik arah maupun posisi detail gambar tersebut.

BACA JUGA   Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak contoh soal berikut ini.

Contoh Soal Psikotes Spasial

Berikut 5 contoh soal psikotes spasial yang bisa Anda pelajari. Usahakan jangan scroll ke bawah dan lihat jawabannya ya. Agar anda bisa mengetahui kemampuan anda sendiri.

  1. Soal 1. Soal ini berkaitan dengan pola perubahan gambar 3 dimensi. Perhatikan pola yang terbentuk lalu jawablah dengan benar!


  2. soal tes psikologi spasial 1


  3. Soal 2. Soal ini berkaitan dengan penggabungan gambar sehingga membentuk gambar baru yang mendekati keadaan sebenarnya. Perhatikan detail bentuk serpihannya, dan pilihlah jawaban yang paling tepat!


  4. soal tes psikologi spasial 2





  5. Soal 3. Soal ini berkaitan dengan visualisasi bentuk kubus. Anda diminta memahami kubus apa saja yang dapat dibentuk berdasarkan jaring kubus yang telah disediakan. Dalam hal ini anda perlu melihat detail pola gambar pada setiap persegi yang ada, memperhatikan arah ujung segitiga, posisi lingkaran dan persegi panjang serta garis persilangannya, agar dapat menjawab dengan benar. .


  6. soal tes psikologi spasial 3


  7. Soal 4. Soal ini merupakan variasi dari soal sebelumnya. Jika sebelumnya berkaitan dengan bangun ruang kubik, maka pada soal kali ini bangun geometri yang terlibat adalah prisma segi lima. Prinsipnya sama dengan soal 3, perhatikan detail gambar pada sisi prisma, dan tentukan gambar mana yang paling cocok dengan jaring prisma.


  8. soal tes psikologi spasial 4


  9. Soal 5. Soal ini memerlukan penalaran spasial yang baik. Anda diminta untuk menemukan sebuah kubus yang identik atau setidaknya diduga sama dengan kubus yang ada pada soal. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah detail pola gambar pada setiap sisi kubus, dan hubungan antar keduanya. Kemudian cocokkan hubungan tersebut dengan pilihan jawaban. Tentukan yang terdekat berdasarkan hubungan pola gambar tadi.


  10. soal tes psikologi spasial 5


Jawaban Soal Psikotes Spasial

Setelah Anda mencoba menjawab soal-soal di atas, kini saatnya Kinar memberi tahu Anda jawaban contoh soal psikotes spasial dan pembahasannya.

  1. Jika diperhatikan pola yang terjadi, pada bagian atas kubus terdapat tabung kecil yang setiap kali terjadi perubahan bayangan maka posisinya berubah searah jarum jam. Jadi pada gambar keempat posisi tabungnya harusnya berada di pojok kanan depan. Pola lainnya adalah banyaknya lingkaran pada sisi depan kubus yang berkurang 1 lingkaran. Jadi pada gambar keempat jumlah lingkarannya menjadi 1.(Jawaban : C)
  2. Jika diperhatikan detail shardnya, totalnya ada 4 shard yang masing-masing berbentuk seperempat lingkaran. Jadi jika keempat bagian tersebut digabungkan akan membentuk 1 lingkaran utuh. (Jawaban :B)
  3. Perhatikan baik-baik pola gambar pada setiap sisi kubus. Lingkaran hitam diposisikan pada salah satu ujung sisi kubus. Posisi lingkaran ini jika dibandingkan dengan segitiga di bawahnya jauh, begitu pula persegi panjang di atasnya juga jauh dan garis silang di sebelah kirinya juga jauh. Dengan hubungan pola ini, Anda dapat menentukan gambar kubus mana yang memiliki lingkaran di salah satu sudutnya dan jauh dari semua pola lainnya. Dan gambar yang mendekati sifat ini adalah gambar C. (Jawaban : C)
  4. Perhatikan pola segitiga pada sisi vertikal dan garis lurus pada sisi atas yang membagi segi lima sama rata. Jika sisi-sisi tegak lurus prisma dirangkai, maka pola segitiga akan berdekatan dengan ujung segitiga yang menghadap ke arah yang sama. Dari sini ada 2 kemungkinan jawaban yaitu B dan E. Namun pada jawaban E ternyata garis lurus tidak membagi segi lima sama rata, jadi jawaban yang benar adalah B. (Jawaban :B)
  5. Pertanyaan ini juga menguji kejelian untuk melihat pola gambar dan hubungannya. Sekarang lihat titik hitam pada kubus soal. Ternyata titik tersebut jauh dari segitiga dan pola papan catur. Dan segitiga-segitiga itu juga berjauhan berwarna hitam pada sisi-sisi papan catur yang bermotif. Untuk gambar A titik hitamnya jauh dari segitiga, tapi sayang gambar di atas bukan pola kotak-kotak jadi salah. Gambar B juga salah karena titik hitam tersebut berdekatan dengan sisi papan catur yang berpola. Gambar C juga salah, karena titik hitam berdekatan dengan titik putih pada sisi segitiga. Untuk Gambar D juga salah, karena pola papan caturnya salah, seharusnya warna hitam berada di posisi kanan atas dan kiri bawah. (Jawaban : E)


Penutupan

Itulah tadi contoh psikotes spasial dan jawabannya untuk membantu Anda lolos dalam seleksi kerja khususnya di BUMN. Tes ini memang banyak digunakan di perusahaan-perusahaan pelat merah. Jadi bagi Anda yang bermimpi mendapat pekerjaan di BUMN, ada baiknya Anda sering-sering berlatih psikotes spasial.

Selain psikotes spasial, ada juga psikotes kepribadian yang bisa Anda coba secara gratis di makinmahir.id. Caranya cukup dengan membuka halaman penilaian, lalu login atau daftar akun terlebih dahulu jika belum punya, dan Anda bisa mengikuti penilaian untuk mengetahui kepribadian individu Anda berdasarkan 16 tipe kepribadian MBTI.

Selamat mencoba dan Lebih Mahir ya?

BACA JUGA   Makin Mahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *