Makin Mahir

Mencari contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar menurut EYD sangat dibutuhkan bagi seorang freshgraduate. Apalagi jika Anda baru pertama kali melamar pekerjaan. Terkadang hal itu menjadi kendala yang cukup serius. Cara melamar pekerjaan yang salah bisa berakibat pada sulitnya mendapatkan pekerjaan di perusahaan idaman.

Hampir semua perusahaan mewajibkan calon karyawannya untuk melamar pekerjaan dengan menggunakan surat lamaran kerja dan dilampiri dengan beberapa dokumen penting lainnya seperti Daftar Riwayat Hidup (CV)Foto Paspor, Fotokopi Ijazah Terakhir, dan lain-lain.


Apa itu Surat Lamaran Kerja?

Surat lamaran kerja adalah surat yang ditulis oleh calon pencari kerja yang ditujukan kepada suatu instansi atau perusahaan dengan maksud untuk mengisi lowongan pekerjaan yang disediakan. Sekalipun ditulis oleh perseorangan, surat lamaran kerja harus ditulis menggunakan bahasa Indonesia sesuai Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Kecuali diminta menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, harus sesuai tata bahasa.

Karena bersifat resmi, penulisan surat lamaran kerja harus memperhatikan struktur dan sistematikanya. Berikut tips pembuatannya contoh surat lamaran kerja yang baik konten dan sistem:

BACA JUGA   Lowongan Kerja Operator PT Nitigura Indonesia Giic Terbaru 2023

  1. Gunakan kata-kata yang sopan dan bahasa yang resmi, karena Anda akan membuat surat resmi kepada suatu perusahaan. Jangan menggunakan bahasa gaul atau bahasa daerah karena HRD belum tentu memahami isi surat lamaran Anda.
  2. Ke titik serta menggunakan format penulisan yang rapi dan ukuran font yang standar.
  3. Sebaiknya surat lamaran kerja ditulis dengan tipe komputer. Kecuali Anda secara khusus diminta membuat surat lamaran kerja dengan tulisan tangan.
  4. Melampirkan dokumen pendukung lainnya seperti surat keterangan pengalaman kerja (jika ada). Umumnya dalam surat lamaran kerja terdapat resume dan juga CV yang menjelaskan secara singkat data diri Anda.
  5. Cantumkan tempat dan tanggal penulisan.
  6. Jangan lupa untuk menuliskan perusahaan yang dituju, khususnya bagian HRD atau personalia.
  7. Tulis Salam umum seperti “Selamat Pagi” atau “Salam” saja.
  8. Menulis surat lamaran untuk lamaran pekerjaan. Seperti dari mana Anda mendapatkan infonya, dan ingin melamar posisi apa.
  9. Tuliskan data pribadi secara singkat; seperti nama dan alamat.
  10. Jika iya, Anda juga bisa mencantumkan sedikit pengalaman kerja dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.
  11. Penutupan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran dan salam penutup Anda. Anda juga dapat mencantumkan nomor kontak Anda (telepon/WA/email) jika melamar melalui surat fisik untuk memudahkan HRD menghubungi Anda kembali.

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Dengan tips dan struktur surat lamaran kerja di atas, kini Anda sudah bisa menyiapkan surat lamaran kerja yang kemungkinan besar lolos seleksi HRD. Agar lebih jelas, berikut 9 contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar secara umum menurut kaidah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang bisa anda copy atau download dan edit sendiri sesuai kebutuhan anda.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Berpengalaman


Bagi yang sudah memiliki pengalaman kerja, bisa membuat surat lamaran kerja seperti di atas. Tekankan di mana dan bagian mana dari pengalaman kerja Anda.

2. Contoh surat lamaran untuk freshgraduate

Contoh surat lamaran untuk freshgraduate

Untuk freshgraduate, berikut contoh surat lamaran kerja berdasarkan iklan yang baik dan benar. Anda dapat menuliskan sumber informasi lowongan kerja yang Anda lihat.

3. Contoh surat lamaran magang

Contoh Surat Lamaran Magang

Atau Anda ingin mencoba magang, contoh di atas bisa menjadi referensi Anda.

4. Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Ingin melamar CPNS, siapkan surat lamaran kerja seperti di bawah ini:


Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS
5. Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN

Terkadang BUMN juga membuka lowongan kerja di situsnya masing-masing. Ini adalah contoh surat lamaran kerja di PLN.


Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN
6. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

Admin juga tidak ketinggalan memberikan contoh surat lamaran kerja di PT. Saat ini cukup banyak lowongan kerja di PT swasta. Berikut contoh surat lamaran kerja di PT yang baik dan benar:


Contoh Surat Lamaran Kerja di PT
7. Contoh Surat Lamaran Kerja Bank

Khusus bagi anda yang ingin mencoba melamar pekerjaan di bank, berikut contoh surat lamaran kerja:


Contoh Surat Lamaran Kerja Bank
8. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Jika perusahaan meminta pelamar kerja untuk mengirimkan surat lamaran dalam bahasa Inggris, Anda bisa mencoba membuat contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang baik dan benar:


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
9. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan

Anda juga bisa membuat contoh surat lamaran kerja tulisan tangan dengan format sederhana seperti contoh di bawah ini:


Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan
10. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMA/SMK

Bagi yang baru lulus jangan berkecil hati, anda juga bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, seperti contoh dibawah ini:


Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Lulusan SMA/SMK
11. Download Contoh Surat Lamaran Kerja MS Word (.doc)


Bosan menulis surat lamaran kerja? Download contoh surat lamaran kerja MS Word yang baik dan benar melalui link dibawah ini:

Download Contoh Surat Lamaran Kerja Dok

Penutupan

Itu contoh surat lamaran yang lengkap dan benar menurut EID. Contoh surat lamaran kerja dapat Anda copy dan edit sesuai dengan kebutuhan Anda. Atau jika tidak mau repot, Anda bisa mendownload versi file doc dan memodifikasinya sendiri. Anda juga bisa mengirimkan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar melalui email, tergantung kondisi perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut.

BACA JUGA   Makin Mahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *