Rekrutmen Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Kemenkes: NS “baru” tahun 2023?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru saja kembali mencanangkan program penugasan khusus perekrutan tenaga kesehatan untuk menempati wilayah terpencil yang masih kekurangan tenaga kesehatan. Namun kali ini program tersebut tidak lagi bertajuk Nusantara Sehat (NS).

Rekrutmen Penugasan Khusus Kementerian Kesehatan Periode I Tahun 2023

Per 3 Mei 2023, Kementerian Kesehatan mencanangkan perekrutan tenaga kesehatan (Nakes) Penugasan Khusus (Tugsus) melalui surat edaran yang beredar di media sosial, termasuk di Instagram resmi @nusantara_sehat_official.

Satgas yang baru diluncurkan ini merupakan angkatan atau periode pertama tahun 2023 yang masih mengusung sistem yang sama dengan NS yaitu berbasis tim dan berbasis individu. Untuk periode pertama ini, pendaftaran dibuka mulai tanggal 3 Mei hingga 7 Mei 2023.

Sementara itu, website resmi pendaftaran NS yang dulunya beralamat di nusantarasehat.kemkes.go.id sudah tidak bisa diakses lagi dan kini telah digantikan oleh website penugasan khusus yang beralamat di https://tugsusnakes.kemkes .go.id/

Tenaga kesehatan yang dibidik Satgas ada 7 orang, antara lain dokter, dokter gigi, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, apoteker, dan tenaga gizi.

Rekrutmen penugasan khusus Kementerian Kesehatan

Nantinya ketujuh jenis tenaga kesehatan tersebut akan ditempatkan pada lokasi penempatan yang tersedia berdasarkan kebutuhan/kekosongan dalam sistem perencanaan kebutuhan tenaga kesehatan untuk daerah terpencil dan sangat terpencil.

Proses seleksi akan mengutamakan pelamar yang merupakan masyarakat lokal, atau pelamar yang belum pernah mengikuti program penugasan khusus tenaga kesehatan.

Persyaratan Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  1. Usia maksimal 35 tahun diutamakan bagi dokter dan dokter gigi, 30 tahun bagi tenaga kesehatan lainnya;
  2. Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi pemerintah/swasta lain dan tidak berdomisili sebagai CPNS/PNS/Calon anggota TNI/Polri dan anggota TNI/Polri;
  3. Bagi peserta wanita yang tidak sedang hamil
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Bebas narkoba
  6. Berperilaku baik
  7. Harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku (STR Strategis yang sedang diproses tidak sah/tidak diterima)
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan
  9. Keikutsertaan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional dibuktikan dengan memiliki Kartu BPJS Kesehatan

Mekanisme pendaftaran dapat dilakukan melalui website https://tugsusnakes.kemkes.go.id/

Saat ini terdapat lebih dari 4.000 pendaftar dari seluruh Indonesia, dengan Provinsi Sulawesi Selatan menjadi provinsi dengan pendaftar terbanyak.

Proses seleksi

Proses seleksi mekanisme seleksi Rekrutmen Penugasan Khusus Kementerian Kesehatan akan dibagi menjadi 2 seleksi, yaitu seleksi administrasi (Seleksi Tahap I), dan seleksi kelayakan/psikotes (Seleksi Tahap II).

Setelah dinyatakan lolos seleksi tahap kedua, peserta akan dipanggil untuk pembekalan sesuai lokus penempatan (lokasi) yang dipilih, sebelum diberangkatkan ke lokus tersebut.

Apabila peserta tidak hadir pada saat pembekalan maka dianggap mengundurkan diri. Hasilnya, akun peserta akan masuk menjatuhkan dan masuk dilarang Jadi Anda tidak bisa mendaftar lagi di kemudian hari.

Kesimpulan

Meski tidak menyandang gelar NS, pada dasarnya tugasnya sama dengan NS Individu dan NS Tim, dengan sistem rekrutmen yang sama dan tujuan yang sama. Padahal kabar ini seolah membenarkan isu bahwa program NS akan ditutup pada tahun 2023.

Belum diketahui secara pasti apakah ke depannya akan kembali menyandang gelar NS, dan apakah perubahan ini berdampak pada ketentuan lainnya.

BACA JUGA   Kalau kamu Baru Lulus, Berikut Pilihan Pekerjaan Di Bidang Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *