10 Alasan Menjadi Pengacara Adalah Pilihan Yang Tepat

Banyak orang yang menjadikan salah satu contoh pengacara terkenal sebagai acuan ingin hidup lebih nyaman. Meski materi memang berperan penting dalam menciptakan kesan seorang pengacara identik dengan tarif yang fantastis, namun Anda harus tahu konsekuensi bekerja sebagai pengacara. Durasi kerja seorang pengacara bisa puluhan jam per minggu sesuai dengan fee yang disepakati. Jika Anda masih ragu ingin menjadi pengacara atau tidak, sebaiknya ketahui alasan menjadi pengacara berikut ini.

Ada yang ingin menjadi pengacara karena ingin menjadi pahlawan bagi kelompok masyarakat yang kesulitan mendapatkan bantuan hukum, kenapa tidak? Agar Anda semakin yakin untuk menempuh pendidikan Sarjana Hukum, maka ketahuilah alasan menjadi seorang pengacara berikut ini:

1. Gaji yang besar

Biaya magang di firma hukum berkisar antara 2-5 juta rupiah, namun pengacara junior berkisar antara 7-10 juta rupiah, sedangkan pengacara senior yang membuka praktik swasta bisa mendapatkan 50-100 juta rupiah per bulan.

2. Prospek kerja yang cerah

Prospek karir cerah karena Anda bisa bekerja di organisasi advokat atau lembaga firma hukum di Indonesia.

3. Seperti PKN atau hal-hal yang berkaitan dengan hukum

Alasan ingin menjadi pengacara karena anda sudah tertarik dengan ilmu PKN atau hal-hal yang berhubungan dengan hukum sejak masih bangku sekolah, kenapa tidak?

4. Menambah wawasan dan pengalaman

Anda bisa menambah wawasan dan pengalaman karena bertemu dengan orang-orang dengan jabatan tertentu, klien dengan masalah baru, lingkungan kerja, senior, dan hal-hal baru lainnya.

5. Prestise yang tinggi

Menjadi pengacara identik dengan gengsi profesional yang tak kalah mentereng dibandingkan pejabat atau profesi lainnya.

6. Ingin meningkatkan tantangan intelektual

Tantangan intelektual menjadi alasan Anda menjadi pengacara terkenal karena Anda akan terus belajar pemecahan masalah, analisis, pemikir cerdas, pengaruh global, dan sebagainya.

7. Bidang praktek lebih beragam

Bidang praktik pengacara berbeda-beda mulai dari segmentasi industri, hukum ketenagakerjaan dan lain-lain sesuai dengan spesialisasi yang Anda pilih. Mungkin Anda tergoda untuk menangani kasus hukum para selebritis yang terlibat kasus hukum.

8. Lingkungan kerja

Lingkungan kerja yang nyaman baik perkantoran maupun fasilitas pendukungnya menjadi salah satu alasan Anda memilih profesi hukum.

9. Jam kerja lebih fleksibel

Jam terbang yang tinggi membuat Anda berpeluang menjadi pengacara papan atas. Jam kerja bisa mencapai 60-80 jam tergantung firma hukum tempat Anda bekerja. Namun, bagi Anda yang sudah memiliki jam terbang tinggi bisa menentukan jam kerja yang lebih fleksibel.

10. Dapat membantu klien yang terkena kasus hukum

Tujuan utama memilih karir sebagai pengacara adalah karena Anda ingin membantu orang lain yang terkena kasus hukum apapun latar belakangnya. Pengacara wajib membantu masyarakat kalangan bawah yang tersandung kasus hukum secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya apapun sesuai ketentuan.

Apakah Anda yakin tidak ingin mempertimbangkan alasan menjadi pengacara sebelum memilih jurusan kuliah yang tepat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *