10 Cara Menjadi Dokter Gigi Yang Bisa Kamu Coba

Punya cita-cita menjadi seorang dokter? Pernahkah Anda berpikir untuk menjadi dokter gigi? Jika Anda penasaran bagaimana cara menjadi dokter gigi, informasi berikut ini akan sangat bermanfaat dan mungkin bisa Anda terapkan nantinya.

1. Ambil Jurusan Sains di SMA

Jika anda mempunyai keinginan untuk menjadi seorang dokter, mungkin anda bisa memulainya dari jenjang sekolah menengah atas (SMA) dengan memilih jurusan IPA karena di jurusan ini anda banyak belajar tentang manusia dan makhluk hidup.

2. Mengikuti Seleksi Masuk Fakultas Kedokteran

Langkah yang harus Anda lakukan jika ingin menjadi dokter gigi adalah dengan mengikuti seleksi masuk sekolah kedokteran. Karena dengan masuk fakultas Anda telah mengambil langkah maju untuk mencapai tujuan Anda.

3. Mengikuti Perkuliahan KBK

Mengikuti program kuliah KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menjadi dokter gigi. Mata kuliah KBK sendiri memiliki masa studi yang sama dengan jurusan lainnya yaitu 4 tahun atau 8 semester.

4. Berpartisipasi dalam Kelas Tutorial Kelompok

Pada program perkuliahan KBK terdapat kelas tutorial secara berkelompok (10 sampai 15 orang) yang akan dipandu oleh seorang dosen yang akan mengajarkan tentang cara penanganan, perawatan dan perawatan gigi.

5. Memperoleh Gelar Doktor

Untuk mendapatkan gelar dokter atau drg., Anda harus mengikuti program kedokteran gigi profesional atau co-assistant yang durasi programnya berkisar antara 1,5–2 tahun.

6. Mengikuti Pendidikan Koas

Setelah menyelesaikan kuliah, Anda diwajibkan untuk mengikuti program profesi kedokteran gigi atau biasa disebut co-assistance atau co-assistant. Masa koas biasanya memakan waktu 1,5-2 tahun.

7. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Kedokteran Gigi

Cara menjadi dokter gigi selanjutnya adalah harus mendapatkan gelar sarjana kedokteran gigi atau S.KG di bidang kedokteran gigi. Anda bisa mendapatkannya setelah Anda lulus dari sekolah kedokteran.

8. Ikuti UKDGI

Untuk menjadi seorang dokter gigi ada ujian yang harus dilalui yaitu Ujian Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI). Ujian ini merupakan standarisasi kompetensi yang sama bagi seluruh dokter gigi di Indonesia.

9. Mengurus STR dan pembukaan praktek

Setelah Anda dinyatakan lulus UKDGI, Anda bisa mendapatkan STR atau Surat Tanda Registrasi. Dengan surat ini, Anda bisa membuka praktik dokter gigi secara legal.

10. Melanjutkan Pendidikan ke Dokter Spesialis

Jika Anda mempunyai keinginan untuk menambah wawasan dan keahlian yang lebih mumpuni, maka Anda dapat memilih untuk melanjutkan pendidikan pada bidang yang lebih spesialis seperti dokter gigi spesialis periodonsia, dokter gigi spesialis ortodonti, dokter gigi spesialis anak, dan lain sebagainya.

Itulah sederet cara yang bisa dilakukan untuk menjadi dokter gigi, bahkan hingga mengambil dokter spesialis. Semoga cara menjadi dokter gigi diatas dapat bermanfaat bagi anda sebagai referensi di awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *