10 Cara Menjadi Pengacara Yang Bisa Kamu Terapkan Nantinya

Profesi pengacara menjadi pertimbangan bagi Anda yang memiliki minat di bidang hukum. Keberadaan pengacara dapat membantu klien yang terjerat kasus hukum pidana maupun perdata mendapatkan keadilan. Selain itu, gaji pengacara bisa mencapai angka yang fantastis sehingga masa depan Anda lebih terjamin. Jika Anda ingin mengetahui cara menjadi pengacara yang baik, simak ulasan singkat berikut ini!

Jika Anda baru lulus SMA dan ingin menjadi pengacara, maka simak cara menjadi pengacara mulai dari nol di bawah ini:

1. Mengambil mata kuliah S1 Hukum

Pastikan Anda lulus seleksi pendidikan di jurusan Hukum baik PTN maupun PTS sesuai pilihan masing-masing.

2. Memiliki gelar Sarjana Hukum

Setelah menyelesaikan gelar Sarjana Hukum selama 3,5-4 tahun, Anda bisa memulai karir sebagai pengacara papan atas, apalagi jika lulus dengan status cum laude.

3. Mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat

Setelah memperoleh gelar Sarjana Hukum, Anda harus mengambil Pendidikan Khusus Profesi Advokat dengan durasi yang cukup singkat.

4. Wajib mengikuti ujian dan lulus dari organisasi Advokat terkait

Setelah mengikuti PKPA, harus mengikuti ujian dari organisasi advokat terkait. Pastikan kamu menguasai materi PKPA dengan sungguh-sungguh agar lulus ujian dengan hasil yang maksimal ya.

5. Wajib magang selama dua tahun di kantor advokat

Tidak mungkin kamu menjadi pengacara sebelum magang selama dua tahun di kantor advokat dengan catatan usiamu harus di atas 25 tahun ya!

6. Harus memenuhi persyaratan lain yang ditentukan

Persyaratan lain untuk menjadi seorang pengacara harus dipenuhi mulai dari status kewarganegaraan, kewajiban memberikan bantuan hukum gratis kepada masyarakat kelas bawah yang mengalami kasus hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

7. Berperilaku baik dan tidak pernah melakukan kejahatan

Perilaku calon advokat harus baik, jujur, bertanggung jawab, adil, dan tidak terlibat tindak pidana yang ancaman pidananya 5 tahun atau lebih.

8. Mempunyai wilayah kerja yang luas

Ketika Anda menjadi pengacara advokat, Anda bisa bekerja di wilayah yang luas hingga menjangkau seluruh Indonesia.

9. Memiliki keterampilan yang relevan

Kemampuan yang relevan antara lain mampu berkomunikasi dengan baik, bernegosiasi, agresif, terorganisir, dan lain sebagainya.

10. Dapat membuka praktek atau bergabung dalam organisasi advokat

Anda bisa membuka praktik hukum dimana saja setelah mendapat pengakuan dari Kementerian Kehakiman atau bisa menjadi penasihat umum yang berpraktik di wilayah Pengadilan Tinggi Negeri terkait. Anda juga bisa bekerja di bawah organisasi advokat dengan gaji yang ditawarkan sesuai prosedur yang berlaku.

Jika Anda tertarik menjadi seorang pengacara yang membela keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia, Anda harus tahu bagaimana menjadi seorang pengacara yang baik. Pastikan saja kamu lolos seleksi jurusan Hukum di PTN favoritmu yang menjadi incaran calon mahasiswa dari berbagai daerah ya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *