10 Persyaratan Menjadi Dokter Yang Perlu Kamu Persiapkan

Ingin bekerja sebagai dokter? Cita-cita menjadi dokter merupakan hal yang sangat lumrah di kalangan pelajar. Banyak sekali mahasiswa yang memilih dokter sebagai profesi favoritnya. Jika Anda juga ingin menjadi dokter, yuk simak 10 syarat menjadi dokter yang penting untuk dipersiapkan.

1. Lulus Perguruan Tinggi

Syarat utama yang tentunya harus Anda penuhi jika ingin menjadi seorang dokter adalah lulus kuliah. Anda harus lulus dari sekolah kedokteran sebelum Anda bisa lebih dekat menjadi seorang dokter.

2. Lulus Tahap Profesional

Setelah lulus kuliah, kamu harus mengikuti tahapan profesional atau sering juga disebut coass. Jika Anda ingin menjadi seorang dokter, maka Anda harus melewati tahapan profesi ini. Jika sudah lulus, Anda bisa langsung bekerja sebagai dokter secara nyata.

3. Ambil Magang

Jika Anda sudah lulus kuliah dan memasuki tahap profesional, maka Anda perlu mengikuti magang. Magang ini dilaksanakan sebagai sarana bagi para dokter muda untuk mempraktikkan sistem kerja seperti apa yang akan mereka hadapi di masa depan.

4. Lulus Ujian Sertifikasi

Hanya mereka yang lulus ujian sertifikasi yang kemudian bisa bekerja sebagai dokter. Anda harus lulus ujian ini terlebih dahulu sebelum dapat bekerja. Ada dua jenis tes yang akan Anda hadapi, yaitu tes tertulis dan praktik.

5. Memiliki Jiwa Sosial

Anda dapat bekerja sebagai dokter hanya jika Anda memiliki kehidupan sosial yang tinggi. Seorang dokter harus mempunyai jiwa sosial yang tinggi dan tidak merasa egois dalam merawat pasiennya. Apalagi jika pasien adalah orang yang tidak mampu, perasaan sosial harus dikedepankan agar pasien bisa mendapatkan pertolongan.

6. Selalu Terkini

Dokter harus selalu up to date dengan perkembangan dunia kedokteran dan kedokteran. Dokter akan dituntut untuk banyak belajar dan membaca agar bisa mengikuti perkembangan dunia kesehatan.

7. Pandai Berkomunikasi

Syarat menjadi seorang dokter cukup banyak, salah satunya adalah pandai berkomunikasi. Sebagai seorang dokter, kemampuan komunikasi sangatlah penting. Tidak hanya berkomunikasi dengan pasien saat konsultasi, namun juga berkomunikasi dengan sesama tenaga kesehatan.

8. Teliti

Anda bisa menjadi dokter yang andal jika Anda teliti. Dokter harus mempunyai ketelitian yang tinggi agar dapat mengeluarkan diagnosis yang tepat bagi pasiennya. Ketelitian ini juga sangat penting agar dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat.

9. Pekerja Keras

Jika ingin menjadi dokter, maka harus mau bekerja keras. Anda harus menjadi pekerja keras karena profesi seperti ini tidak mudah untuk dijalani. Butuh proses panjang yang harus dijalani untuk bisa mencapai profesi kedokteran.

10. Miliki Keberanian

Dokter harus mempunyai keberanian yang besar. Anda harus berani menghadapi pasien dan melakukan tindakan medis tertentu sesuai kebutuhan. Banyak kejadian dan kasus yang pasti akan menguji nyali Anda setelah menjadi dokter.

Itulah tadi 10 syarat menjadi dokter yang harus Anda pahami dan penuhi sejak dini. Jika Anda memang ingin menjadi dokter, pastikan Anda memiliki mental yang kuat dan nilai akademis yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *