10 Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Jadi Dosen Yang Sesuai

Profesi guru mempunyai jenjang karir dan prospek yang cukup menjanjikan di masa depan. Namun untuk mendapatkan profesi tersebut, Anda harus berusaha keras dan mendapatkan pendidikan yang tepat. Ada beberapa pilihan jurusan perguruan tinggi untuk menjadi dosen yang dinilai memiliki peluang tinggi. Berikut rekomendasi jurusan yang bisa kamu pilih:

1. Hukum

Pertama, ada jurusan hukum yang sangat populer di Indonesia. Jurusan ini mempunyai peminat yang cukup banyak dan permintaan akan dosen pada jurusan ini selalu tinggi. Anda mempunyai peluang besar untuk menjadi dosen yang berkompeten di jurusan tersebut.

2. Arsitektur

Berikutnya adalah bidang arsitektur yang juga akan selalu dibutuhkan dari tahun ke tahun. Ilmu arsitektur juga terus berkembang dan semakin banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini sehingga peluangnya semakin terbuka lebar.

3. Bisnis Digital

Di era digital ini, ilmu bisnis digital juga semakin populer dan diminati. Jika Anda kuliah di jurusan ini dan mengambil gelar master linier, peluang menjadi dosen bisnis digital sangat besar dan jalur karir Anda juga sangat cerah.

4. Desain Komunikasi Visual

Bagi Anda yang tertarik dengan bidang desain komunikasi visual atau DKV, coba saja ambil pendidikan sarjana dan pascasarjana di sini. Peluang menjadi dosen jurusan DKV sangat besar karena peminatnya banyak dan lulusannya selalu dibutuhkan.

5. Teknik Informatika

Rekomendasi jurusan perguruan tinggi yang menjadi dosen selanjutnya adalah teknik informatika. Jurusan ini juga banyak diminati mahasiswa karena prospeknya yang cerah. Selain itu banyak kampus yang menyediakan jurusan tersebut, sehingga peluangnya besar.

6. Sistem Informasi

Anda juga dapat memilih untuk mengambil jurusan sistem informasi. Sama seperti teknik informatika, jurusan ini juga tidak pernah sepi peminat. Jumlah universitas yang menawarkan jurusan ini juga meningkat.

7. Kedokteran

Sejak zaman kuno, departemen medis selalu menjadi rebutan. Banyak sekali orang yang tertarik untuk masuk ke jurusan ini. Selain bisa menjadi dokter, Anda juga berpeluang besar menjadi dosen di departemen tersebut.

8. Ekonomi

Selain kedokteran, bidang ekonomi juga sangat populer. Dosen pada jurusan ini akan selalu dibutuhkan di berbagai perguruan tinggi karena ilmunya memang sangat penting bagi masyarakat.

9. Sastra

Jurusan Sastra seringkali dipandang sebelah mata padahal peluangnya cukup bagus. Jika Anda tertarik menjadi dosen, jurusan ini juga sangat menarik untuk dipelajari. Pilihannya pun sangat beragam, mulai dari sastra Indonesia, sastra Inggris, dan masih banyak lagi.

10. Keamanan Siber

Peluang untuk bekerja sebagai dosen di departemen keamanan siber juga cukup besar. Jurusan di Indonesia memang tidak terlalu banyak namun sangat penting. Jadi dosennya akan sangat dibutuhkan dan ini merupakan peluang besar bagi anda.

Sebenarnya banyak sekali pilihan jurusan perguruan tinggi untuk menjadi dosen di Indonesia. Pastikan Anda memilih jurusan yang benar-benar bagus dan sesuai dengan passion Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *