Cara Mengganti Nama Penumpang Tiket Kereta Api

Tak jarang orang bertanya bagaimana cara melakukannya mengubah nama penumpang tiket kereta api. Dulu mungkin Anda bisa menggunakan tiket teman Anda yang batal bepergian. Namun kini rasanya hal tersebut sudah tidak bisa lagi dipraktikkan, karena nama yang tertera di tiket harus sesuai dengan nama yang ada di identitas penumpang. Jika namanya tidak sesuai tentu saja tiket yang kita pegang akan dianggap tidak sah atau hangus. Jadi mengganti nama penumpang dengan penumpang lain tentu tidak bisa dilakukan, namun bagaimana jika salah mengganti nama?

Apabila untuk mengganti nama sendiri di tiket tidak sesuai dengan nama di kartu identitas, misal nama Anda di kartu identitas adalah Wulan, namun karena kesalahan pengetikan atau nama Anda di tiket menjadi Ulan, maka ada kemungkinan Anda dapat mengajukan perubahan nama agar sesuai dengan identitas. Bagaimana caranya mengubah nama penumpang tiket kereta api itu?

  1. Jika nama pada tiket Anda tidak sesuai dengan nama pada kartu identitas Anda, Anda dapat mengajukan permohonan perubahan nama maksimal 2 jam sebelum waktu keberangkatan. Misalnya kereta Anda berangkat pukul 10.00, maka sebelum pukul 08.00 di hari keberangkatan, Anda harus mengajukan permohonan perubahan nama.

  2. Datanglah ke loket reservasi atau loket tiket di stasiun untuk mengganti nama Anda. Jangan lupa tunjukkan kartu identitas asli Anda yang masih berlaku. Kartu identitas yang digunakan bisa berupa KTP, SIM atau paspor.

  3. Jika Anda ingin mengganti nama tiket tepat di hari keberangkatan, usahakan datang lebih awal agar tiket Anda tidak hangus terlebih dahulu.

Namun jika Anda berniat mengganti nama atas nama tiket orang lain, tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan karena peraturan yang berlaku saat ini. Daripada repot-repot memikirkan cara untuk melakukannya mengubah nama penumpang tiket kereta api anda bersama orang lain atau sebaliknya, tentunya akan lebih baik dibatalkan saja jika karena berbagai alasan tidak dapat menggunakan tiket tersebut. Cara membatalkan tiket kereta api bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

  1. Calon penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket datang ke stasiun yang melayani pembatalan tiket paling lambat 30 menit sebelum waktu keberangkatan kereta api yang akan dibatalkan.

  2. Isi formulir pembatalan sesuai kolom yang wajib diisi dan simpan formulir tersebut sebagai bukti pengambilan refund.

Untuk bisa mendapatkan uang pembatalan, Anda harus menunggu minimal 30 hari sejak tanggal pembatalan tiket. Nah, bagi Anda yang berniat mengganti nama penumpang tiket kereta api, hal tersebut bisa menjadi alternatif lain.

Postingan Menarik Lainnya:

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

cara mengganti nama penumpang kereta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *