Sebagai Persiapan Jadi Auditor, Penuhi 10 Syarat Menjadi Auditor Berikut

Salah satu jenis profesi yang saat ini banyak diminati adalah auditor. Profesi ini bertugas melakukan audit terhadap kondisi perusahaan secara keseluruhan. Auditor mempunyai peranan yang sangat penting dalam perusahaan dan prospek gajinya cukup besar. Berikut syarat menjadi auditor yang penting untuk Anda ketahui:

1. Memahami Standar Audit

Untuk bekerja sebagai auditor, sangat penting untuk memahami seperti apa standar auditing. Auditor perlu melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai standar audit yang berlaku.

2. Memiliki Pendidikan yang Relevan

Anda juga tentunya harus memiliki latar belakang pendidikan yang relevan untuk bisa bekerja sebagai auditor. Salah satu jurusan yang relevan dengan bidang pekerjaan ini adalah akuntansi. Namun ada juga lulusan jurusan lain yang ternyata bisa bekerja sebagai auditor.

3. Berpartisipasi dalam Program Pelatihan

Sebelum menjadi auditor, Anda juga perlu mengikuti program pelatihan terlebih dahulu. Pelatihan ini akan menjadi sarana bagi Anda untuk menguasai lebih jauh tentang proses audit.

4. Mendapatkan Sertifikat Staf Auditor

Jika Anda telah mengikuti pelatihan dengan baik maka Anda bisa mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini merupakan bukti bahwa Anda memiliki kompetensi yang memadai untuk menjadi seorang auditor. Sertifikat tersebut tentunya harus dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang.

5. Memahami Standar Mutu

Jika Anda ingin bekerja sebagai auditor, Anda harus memahami standar kualitas. Khususnya untuk standar kualitas perusahaan yang akan Anda audit. Hal ini akan menjadi acuan dalam melakukan audit dan mengambil kesimpulan dari proses audit yang telah dilakukan.

6. Memiliki Kompetensi yang Sesuai

Syarat untuk menjadi auditor selanjutnya adalah memiliki kompetensi yang tepat. Anda harus memiliki kompetensi yang memadai untuk menjadi seorang auditor baik dari segi akademik maupun kepribadian.

7. Mampu bekerja sama dalam tim

Syarat selanjutnya yang perlu dipenuhi jika ingin bekerja sebagai auditor adalah bisa bekerja sama dalam tim. Sebagai auditor, Anda akan bekerja dalam tim. Jadi harus mempunyai kemampuan bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik.

8. Memiliki Akurasi Tinggi

Anda juga harus memiliki ketelitian yang tinggi jika ingin bekerja sebagai auditor. Untuk melakukan proses audit harus teliti dan hati-hati agar tahapan audit perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

9. Memiliki Komitmen yang Tinggi

Sebagai seorang auditor juga perlu memiliki komitmen yang tinggi. Tentu saja komitmen untuk terus bekerja secara profesional dan tidak melanggar SOP.

10. Mampu Bersikap Objektif

Seorang auditor juga harus mampu bertindak obyektif. Apabila terdapat sikap subyektif maka proses audit tidak dapat berjalan sesuai ketentuan. Auditor harus benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik tanpa ada tekanan pribadi.

Itulah syarat menjadi auditor yang perlu Anda pahami. Profesi ini bisa mendatangkan peluang gaji yang cukup menjanjikan. Anda bisa bekerja di perusahaan besar dan mendapatkan jenjang karir yang sangat memuaskan di profesi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *