Tips Mengantar Surat Lamaran Kerja Secara Langsung Di Tujuan

Mengirimkan surat lamaran kerja langsung ke perusahaan terkait bisa menjadi pilihan tersendiri. Apalagi Anda yang tinggalnya dekat dengan kantor, bisa mengirimkan lamaran kerja tanpa harus mengirimkan lewat email atau pos. Tentunya Anda harus mencari informasi lebih detail mengenai pengiriman surat lamaran kerja ini. Tips menyampaikan surat lamaran kerja bisa menjadi pertimbangan Anda agar peluang diterimanya lebih tinggi dibandingkan kandidat lainnya.

Berikut ini tips menyampaikan surat lamaran kerja secara langsung yang bisa Anda coba:

1. Prioritaskan peluang perusahaan yang akan menerima Anda

Anda akan datang langsung ke kantor atau tempat usaha terkait, jadi pastikan memilih perusahaan yang peluang penerimaannya lebih tinggi. Usaha Anda membutuhkan biaya, waktu dan tenaga sehingga Anda dapat meminimalisir resiko kekecewaan ketika tidak menerima kabar selanjutnya.

2. Mempersiapkan segala persyaratan lamaran kerja

Persyaratan lamaran kerja antara lain surat lamaran kerja, curriculum vitae, fotokopi ijazah terakhir, foto terbaru, fotokopi identitas diri dan surat keterangan pendukung.

3. Pastikan semua berkas lamaran pekerjaan sudah lengkap

Anda dapat memeriksa kembali berkas lamaran untuk memastikan tidak ada yang tertinggal sebelum dimasukkan ke dalam amplop coklat.

4. Masukkan ke dalam amplop atau map berwarna coklat

Masukkan lamaran pekerjaan ke dalam amplop atau map berwarna coklat, lalu tulis alamat pengiriman dengan baik dan benar.

5. Kenakan pakaian yang rapi

Pastikan Anda dapat diterima dengan kesan menarik sejak pertama kali datang ke kantor, maka dari itu usahakan untuk mengenakan pakaian yang lebih rapi atau hindari menggunakan pakaian yang kasual.

6. Usahakan memakai sepatu

Anda wajib memakai sepatu dibandingkan sandal untuk menambah kesan formal saat datang ke kantor.

7. Datang ke kantor pada jam kerja

Hindari datang saat jam istirahat atau jam 8 pagi hingga 12 siang agar bisa segera diserahkan ke perusahaan terkait.

8. Masukkan lamaran Anda ke pos keamanan atau resepsionis

Berkomunikasilah dengan petugas keamanan atau frontliner dengan sikap yang baik, lalu Anda bisa menitipkan surat lamaran kerja kepada mereka.

9. Tunggu dan berdoa

Anda bisa menunggu dan berdoa untuk mendapatkan kepastian pada seleksi selanjutnya. Sembari menunggu, Anda bisa mengikuti kegiatan pelatihan untuk menambah skill, mencari informasi lowongan kerja lainnya dan masih kegiatan positif menarik lainnya.

10. Dapat mengirimkan lamaran pekerjaan ke tempat lain

Kirimkan surat lamaran kerja ke tempat lain karena sebaiknya Anda tidak terlalu fokus menunggu satu lamaran saja. Waktu Anda akan terbuang percuma jika menunggu kelanjutan informasi penerimaan di antara puluhan bahkan ratusan pelamar lainnya bukan?

Tips menyampaikan surat lamaran kerja, anda bisa langsung mencobanya dan memasukkannya ke dalam perusahaan yang membuka lowongan tersebut. Jangan terpaku pada satu tempat saja karena Anda bisa mengajukan lamaran pekerjaan di tempat lain dan menunggu informasi selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *